Analisis Teknikal Saham IHSG 33

IHSG Hari Ini : Krisis Turki ke Indonesia?

IHSG hari ini, 13 Agustus 2018, di awal minggu, turun dan menukik cukup tajam. IHSG close di 5861. Melemah hingga 215 poin (-3.5%), dibandingkan penutupan minggu kemarin. Pelemahan IHSG hari ini sudah terjadi sejak awal sesi pagi. Dan terus melemah sampai ke sesi penutupan.

Dan kenyataannya, IHSG tidak melemah sendirian. Nyaris seluruh bursa regional, bahkan hingga pembukaan bursa Eropa, juga melemah. Meski IHSG adalah salah satu bursa yang mengalami penurunan paling drastis. Karena bursa yang lain rata-rata hanya turun 1-2 persen saja.

Lalu apa yang harus kita lakukan di saat market seperti ini? Apakah krisis ekonomi yang tengah melanda Turki akan berpengaruh ke Indonesia? 

Read moreIHSG Hari Ini : Krisis Turki ke Indonesia?

Analisis Teknikal Saham IHSG 18

IHSG Hari Ini : Wait and See?

IHSG hari ini, 8 Agustus 2018, sebenarnya boleh dibilang stagnan. IHSG hari ini close di 6094. Hanya naik 3 poin (+0.05%). Padahal di sesi pagi tadi, IHSG sudah sempat running di atas area Resistance 6100. Namun akhirnya kembali turun di sesi kedua. Meski kemudian “diangkat” lagi di sesi penutupan.

Dengan kondisi market yang seperti ini, biasanya banyak orang memilih untuk wait and see. Karena IHSG sebagai indeks acuan, sampai hari ini pun belum juga kunjung memunculkan konfirmasi akan balik arah (alias nggak naik-naik). Hehehe

Tapi apakah benar itu keputusan yang terbaik? Sebenarnya apa yang bikin IHSG masih berat untuk menembus area Resistance? Bagaimana dengan analisis teknikal saham per saham? 

Read moreIHSG Hari Ini : Wait and See?

Analisis Teknikal Saham IHSG 9

IHSG Hari Ini : Mengapa Terlihat Berat?

IHSG hari ini, 7 Agustus 2018, sedikit melemah. Sedikit saja. Hanya turun 9 poin (-0.16%), jika dibandingkan dengan penutupan hari senin kemarin. Pelemahan IHSG hari ini sebenarnya dapat kita sebut koreksi sehat. Sebuah hal yang tidak perlu terlalu kita khawatirkan.

Dan secara analisis teknikal, memang belum ada penembusan area Resistance IHSG di 6000-6100. Meski kemarin tampaknya sudah ada upaya penembusan (Resistance testing). Tapi kenyataannya IHSG hari ini turun, dan seolah kembali masuk ke area Resistance tersebut.

Sebenarnya apa yang terjadi? Mengapa Resistance IHSG ini tampaknya sangat sulit untuk tertembus? Apakah ada kemungkinan IHSG batal naik dan kembali turun? 

Read moreIHSG Hari Ini : Mengapa Terlihat Berat?