About IDXchart - IDXchart

About IDXchart

Hello!

Jadilah trader yang Cerdas dan Mandiri...

Nama lengkapnya Ariesz Pratama Putra. Tapi tolong panggil saja saya... Ariz! 🙂

Seperti yang kita semua tahu, kita semua trading/investasi di Bursa Efek Indonesia, ya karena kita mengejar profit. Kita semua mau profit!

Selama 10 tahun pengalaman saya berkarir di bidang ini, belum pernah ketemu orang yang trading/investasi karena mau rugi. Hehehe :p

Tapi biasanya, setelah kita coba trading beberapa bulan, cepat atau lambat kita akan menyadari satu hal...

Ternyata Trading dan Investasi...

Ternyata yang namanya trading dan investasi , jauh lebih sulit daripada yang kita kira. Ternyata mencari profit di bursa tidak semudah dan tidak sesederhana seperti yang dibilang orang-orang.

Biasanya dari situ, masalah akan muncul satu per satu...

Kita beli, sahamnya turun. Kalau ditahan, tambah turun. Tapi nanti begitu kita jual, langsung naik lagi!

Kita beli sedikit, profit. Tapi begitu kita beli agak banyak, koq malah rugi?!

Salah beli. Salah jual. Salah posisi.

Ini masalah klasik, yang kita semua pernah mengalami (termasuk saya sendiri).

Bahkan banyak orang yang sampai jadi stress. Trading/investasi yang seharusnya menjanjikan "kemudahan" hidup, koq malah bikin hidup tambah susah?!

Ada juga yang ruginya udah terlanjur banyak, nyangkutnya udah terlanjur dalam, dan akhirnya tidak tahu harus bagaimana.Tidak tahu sahamnya harus diapakan, dan tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Padahal banyak juga yang sudah coba cari tahu. Banyak juga yang sudah coba-coba belajar, baca artikel, beli buku, ikut seminar/workshop, bahkan sampai join group ini itu dan langganan info sana-sini.

Tapi hasilnya apa?

Semakin belajar, malah semakin bingung. Semakin banyak info, malah semakin nggak tahu musti ngapain.

(Mungkin sekarang Anda juga sudah merasakan hal yang sama!)

Nah... Disini inilah problemnya!

Inilah Masalah Utamanya!

Banyak diantara kita yang masih rugi, yang belum bisa profit, bukan karena kita kurang belajar. Bukan karena kita kurang info. Tapi justru sebaliknya!

Informasi yang beredar di luar sana, terutama yang didapat dari hasil pencarian Google, banyak yang cuma setengah-setengah. Banyak yang tidak lengkap. Dan banyak yang penjelasannya kurang tuntas.

Akibatnya apa? Ya orang-orang seperti kita yang bingung!

Sebagai contoh, seperti yang sudah sering kita bahas, bahkan indikator yang umum seperti Moving Average pun, masih banyak yang salah pengertian. Indikator seperti Stochastic dan MACD pun banyak yang belum paham cara membacanya.

Itu kita baru bicara indikator yang umum. Kita belum bicara soal Support/Resistance (yang seharusnya basic), candlestick pattern, analisis Trend, strategi profit taking, risk management, dll.

Jadi sebenarnya wajar kalau masih banyak yang rugi. Karena kenyataannya memang terlalu banyak info yang tumpang tindih, yang bertentangan, yang membingungkan. Yang membuat kita tidak tahu harus berbuat apa.

Ya bagaimana kita bisa untung, kalau kita masih belum tahu: Beli saham apa? Di harga berapa? Harus disimpan berapa lama? Dan kapan saat yang tepat untuk menjual?

Bagaimana kita mau untung, kalau kita tidak tahu: Satu saham harus dibeli berapa banyak? Berapa lot? Satu waktu harus pegang berapa macam saham? Bagaimana cara mengelola risiko?

Bagaimana mungkin kita bisa profit konsisten, kalau kita belum paham: Apa type dan gaya trading kita? Indikator apa yang cocok buat kita? Strategi investasi apa yang pas buat kita?

Inilah salah satu tujuan dibalik lahirnya website IDXchart.com!

Dan ini semua lah yang akan kita pelajari di IDXchart Premium Membership! 🙂

Keep calm and trade your plan!

Ariz