Sekilas Tentang Growth Stock - IDXchart

Sekilas Tentang Growth Stock

IHSG kita naik lagi di awal minggu ini. Penguatannya sih mungkin sekilas terlihat tidak seberapa. Hanya 0,5% jika dibandingkan dengan penutupan hari Jumat minggu kemarin.

Tapi seperti yang dari dulu-dulu sudah sering kita bahas. Kita nggak boleh trading hanya berpatokan pada IHSG. Karena IHSG itu sangat tricky dan bisa “menipu”.

Kenapa bisa begitu?

Simple. Karena pada dasarnya, IHSG adalah sebuah harga komposit, harga gabungan. Yang pergerakannya diperhitungkan berdasarkan bobot dan kapitalisasi pasar.

Artinya apa?

Artinya, naik turunnya IHSG kita itu cuma tergantung pada segelintir saham-saham “raksasa”. Alias saham-saham berkapitalisasi besar.

Buat yang belum tahu, 10 saham “raksasa” yang paling besar di Bursa kita, kalau digabungkan semuanya, nilainya sudah mencapai 50% dari total seluruh nilai seluruh saham di Bursa Efek Indonesia!

Sehingga boleh dibilang, naik turunnya IHSG kita itu, setengahnya dipengaruhi oleh hanya 10 saham ini.

Sedangkan saham-saham growth stock, yang potensi profit-nya paling besar, yang naiknya paling tinggi dan geraknya paling cepat, tetap tidak akan mampu “menggoyang” IHSG.

Dan kalau kita hanya terpaku pada IHSG saja, maka sudah pasti kita tidak akan dapat mendeteksi saham-saham growth stock ini. Padahal justru saham-saham seperti itu yang kita cari. Iya kan?

Tapi kan saham di Bursa Efek Indonesia itu ada banyak. Per hari ini saja sudah ada 570 saham. Bagaimana caranya kita menemukan growth stock yang paling potensial?

Ya, itulah gunanya punya Trading Watchlist! Supaya kita tidak perlu memantau 570 saham sekaligus. 🙂

Untuk melihat Trading Watchlist besok…

[Trading Watchlist] 9 Januari 2018