Analisis Teknikal Saham ADRO, BKSL, BUMI per 30 Juli 2018

Sejak sekitar 2 minggu yang lalu, secara analisis teknikal sudah banyak saham yang menunjukkan tanda-tanda kenaikan. Meskipun IHSG saat itu belum naik, namun dari analisis teknikal saham per saham justru sudah kelihatan duluan.

Inilah salah satu kelebihan analisis teknikal, jika dibandingkan dengan jenis-jenis analisis saham yang lain. Kita akan dapat melihat hal-hal yang luput dari perhatian banyak orang.

Meskipun banyak saham hasil pantauan kita yang sudah naik, namun kita juga harus ingat satu hal. Bahwa saham tidak mungkin selamanya naik. Profit taking dan koreksi adalah bagian dari pergerakan market yang sehat. Dan itu juga sebenarnya sudah terlihat di chart hari ini.

Berikut adalah beberapa contohnya... 

Saham ADRO (Adaro Energy Tbk PT)

Analisis Teknikal Saham IHSG - ADRO per 2018.07.30

Rekomendasi sinyal BUY saham ADRO sebenarnya baru muncul minggu kemarin, tepatnya di [Trading Watchlist] 30 Juli 2018. Namun ini baru di awal minggu, dan ternyata naiknya sudah gap-up signfikan, bahkan langsung melewati Resistance pertama.

Secara analisis teknikal saham ADRO ini adalah contoh chart yang kalau sudah naik, sebaiknya tidak usah dikejar lagi.

Kenapa? Karena posisinya sudah amat sangat dekat dengan Resistance, dan potensi Risk/Reward-nya sudah tidak begitu menarik.

Saham ADRO akan menjadi menarik jika nanti sudah mengalami koreksi. Karena secara trend jangka menengah, momentumnya masih kuat. Artinya, setelah ada koreksi pun, arahnya masih tetap ke atas.

Saham BKSL (Sentul City Tbk PT)

Analisis Teknikal Saham IHSG - BKSL per 2018.07.30

Rekomendasi sinyal BUY di saham BKSL sudah muncul sejak 2 minggu kemarin. Tepatnya di [Trading Watchlist] 20 Juli. Meskipun kenaikannya juga diiringi oleh koreksi sehat, namun kenaikan saham BKSL ini terbilang mantap.

Dan sekarang, saham BKSL akan menguji Resistance di sekitar level 140. Silakan dicermati dengan baik. Kalau memang benar sudah tidak kuat naik, lebih baik dijual saja dulu. Kita profit taking dan pindah ke yang lain.

Saham BUMI (Bumi Resources Tbk PT)

Analisis Teknikal Saham IHSG - BUMI per 2018.07.30

Saham BUMI ini cukup unik. Karena sampai saat ini pun masih banyak yang emosional kalau mengikuti pergerakan harganya. Hehehe

Sinyak BUY yang pertama di saham BUMI justru sudah keluar sejak 3 minggu yang lalu, di [Trading Watchlist] 11 Juli 2018. Dan minggu kemarin, di [Trading Watchlist] 25 Juli 2018, muncul kembali sinyal BUY.

Kalau di sinyal BUY yang pertama naiknya saham BUMI tampak tidak begitu signifikan. Maka di sinyal Buy yang kedua, naiknya tampak lebih meyakinkan.

Terus terang, sinyal SELL memang belum muncul. Namun bagi yang sudah punya barang, tidak ada salahnya diwaspadai. Karena saham BUMI akan menguji area Resistance yang cukup lebar. Just to let you know.

Sebenarnya masih banyak lagi saham-saham yang secara analisis teknikal sudah cukup dekat dengan area Resistance. Ketiga saham ini hanyalah sekedar contoh.

Sekarang, silakan lihat dan lakukan analisis teknikal pada saham-saham di portofolio Anda sendiri. 🙂

Keep calm and trade your plan!

Ariz

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!