Analisis Teknikal Saham ASRI (Alam Sutera Realty Tbk PT) per 31 Juli 2018

Pada Market Update IHSG Hari ini, kita membicarakan tentang penggunaan Support/Resistance (S/R) untuk melakukan analisis teknikal saham. Dimana S/R adalah salah satu analisis teknikal yang sangat berpengaruh di kala harga saham sedang bergerak sideways (menyamping non-trending).

Nah, chart saham ASRI (Alam Sutera Realty Tbk PT) hari ini adalah contoh yang sangat bagus, untuk kita sama-sama belajar membaca pergerakan saham yang sedang sideways.

Mari kita perhatikan chart saham ASRI di bawah ini...

Analisis Teknikal Saham IHSG - ASRI per 2018.07.31

Garis-garis kuning yang tampak pada chart di atas adalah area-area Support/Resistance. Dan garis-garis tersebut sudah kita gambar sejak tahun kemarin (bulan November 2017).

Seperti yang dapat kita lihat bersama, pergerakan harga saham ASRI ini tampak predictable, dan seolah-olah "patuh" pada koridor diantara garis-garis S/R yang ada.

Termasuk penurunan yang terjadi hari ini. Ini pun termasuk predictable juga.

Sebab meski saham ASRI telah bergerak naik sejak awal bulan Juli, namun kenaikannya selalu tertahan oleh area Resistance kuat di sekitar level 340.

Inilah salah satu keunggulan analisis teknikal Support/Resistance. Ketika pergerakannya sideways, garis-garis yang kita gambar sejak berbulan-bulan kemarin ternyata masih berlaku, dan masih dapat digunakan untuk memprediksi pergerakan harga ke depan.

(Ya... tentu saja, kalau tarik-tarikan garisnya tepat! 🙂 )

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!