Analisis Teknikal Saham BBTN (Bank Tabungan Negara Persero Tbk PT) per 6 Desember 2019

Sampai sekarang, ternyata banyak yang masih belum tahu. Bahwa secara analisis teknikal saham, sektor perbankan adalah salah satu sektor yang menjadi motor penggerak utama kenaikan/penurunan IHSG (Index Mover).

Itu artinya, kalau Indeks Harga Saham Gabungan mau naik (atau mau turun), gerak-geriknya dapat kita ketahui dengan mencermati saham-saham sektor perbankan ini.

Sehingga kalau misalnya kita sedang bingung, dan menerka-nerka tentang kemana arah dan prospek IHSG kedepannya. Maka petunjuknya dapat kita temukan dengan memperhatikan saham-saham sektor perbankan.

Dan untuk saat ini, salah satu saham sektor perbankan, yang sangat menarik untuk kita cermati adalah saham BBTN (Bank Tabungan Negara Persero Tbk PT).

Coba perhatikan chart di bawah ini…

Analisis-Teknikal-Saham-IHSG-saham-BBTN-per-2019.12.06
Chart Analisis Teknikal Saham BBTN per 6 Desember 2019

Di atas adalah grafik chart harian (daily) saham BBTN, per 6 Desember 2019. Dimana dapat kita lihat, bahwa saham BBTN tampak sudah keluar dari trend turun jangka menengah, dan mulai memasuki fase sideways.

Namun setidaknya ada dua hal yang cukup menarik dari sudut pandang analisis teknikal. Yang terjadi di grafik chart saham BBTN tersebut. Dan membuat saham ini layak untuk kita cermati di akhir tahun ini.

Pertama adalah, dari sisi analisis teknikal, kenaikan saham BBTN kali ini akan terhadang oleh area Resistance 2250-2300. Sebuah area yang sudah terbentuk sejak 9 bulan yang lalu.

Masih ingat pelajaran di TRANSIT Investing™ Masterclass, modul yang kedua? Dimana kita mempelajari tentang Market Timing. Yang salah satunya membahas tentang bagaimana cara membaca dan memanfaatkan analisis teknikal Support/Resistance.

Di video tersebut, kita membahas tentang yang namanya Support/Resistance Reversing Role.

Dimana area yang tadinya adalah Support kuat. Namun ketika tertembus dan harga sahamnya turun. Maka kelak, area Support tersebut akan berubah menjadi area Resistance yang sama kuatnya.

Dan inilah yang tengah terjadi di saham BBTN sekarang ini. Dimana area Support 2250-2300, yang telah tertembus di bulan Agustus 2019 kemarin. Kini telah berubah menjadi area Resistance, yang sempat menahan kenaikan saham BBTN di bulan September 2019.

Pertanyaan berikutnya adalah: Apakah saham BBTN akan sanggup untuk terus naik dan menembus Resistance kuat 2250-2300 tersebut? Atau justru malah kembali turun, seperti yang telah terjadi di bulan September 2019 kemarin?

Tadi di awal sudah kita sebutkan, bahwa ada 2 hal yang menarik yang terjadi di grafik chart saham BBTN. Yang membuat saham ini layak untuk kita pantau bersama-sama.

Dan hal menarik yang kedua, masih ada hubungannya dengan video Support/Resistance. Yang dapat Anda temukan di dalam TRANSIT Investing™ Masterclass, modul kedua: Market Timing.

Dalam video tersebut, sempat kita bahas bahwa Support/Resistance yang ada di "perbatasan fraksi" adalah Support/Resistance yang secara psikologis cukup kuat. Karena dari sisi analisis teknikal dan pergerakan harga, perbatasan fraksi adalah posisi dimana harga lebih gampang naik daripada turun.

Dan kalau kita kembali meneliti grafik chart saham BBTN diatas. Dapat kita temukan adanya area Support kuat di perbatasan fraksi di harga 2000. Silakan melihat kembali grafik chart diatas!

Kesimpulannya bagaimana?

Artinya, kalau misalnya ternyata saham BBTN tidak sanggup menembus area Suppport/Resistance 2250-2300, maka saham BBTN berpeluang mengalami koreksi, dan turun sedikit ke Support kuat 2000.

Dan di perbatasan fraksi harga 2000 itulah, akan ada kesempatan untuk saham BBTN berkonsolidasi dan membangun momentum. Untuk kemudian melanjutkan kenaikan dan mencoba menembus Resistance 2250-2300.

Jika area Support/Resistance 2250-2300 berhasil tertembus, maka terbukalah peluang untuk saham BBTN naik ke target Resistance berikutnya di 2400-2450.

Analisis Teknikal Saham IHSG - prospek kenaikan saham BBTN per 2019.12.06
Prospek Kenaikan Saham BBTN per 6 Desember 2019

Bahkan, jika momentum ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin saham BBTN akan terus menguat dan naik hingga ke harga 2700-2750 (atau naik dan menguat +22.77% dari posisinya saat ini).