Analisis Teknikal Saham BBTN per 6 Agustus 2020

Belakangan ini topik tentang resesi ekonomi sangat gencar sekali terdengar. Seolah-olah ekonomi akan runtuh dan krisis akan segera terjadi.

Padahal kalau kita mau sejenak mengabaikan berbagai hiruk pikuk media. Lalu fokus mencermati chart demi chart. Kita akan menemukan, bahwa peluang profit itu sebenarnya masih ada.

Dan salah satu saham yang sangat menarik untuk disimak adalah saham BBTN (Bank Tabungan Negara Persero Tbk PT).

Untuk itu, mari kita cermati chart saham BBTN di bawah ini…

Analisis Teknikal Saham BBTN per 6 Agustus 2020 by IDXchart on TradingView.com

Di atas adalah chart daily (harian) saham BBTN per 6 Agustus 2020. Dimana dapat kita lihat, bahwa BBTN sudah konsisten bertahan di area Support 1200-1250.

Area Support kuat tersebut telah berhasil menahan saham BBTN selama sebulan terakhir. Sepanjang bulan Juli kemarin. Dan masih bertahan hingga awal bulan Agustus ini.

Jika kita mencermati pergerakan saham BBTN selama beberapa hari belakangan, akan terlihat bahwa saham ini sedang berupaya membangun momentum.

Bahkan ketika IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) merosot cukup dalam, di awal Agustus kemarin, saham BBTN tampak masih kuat bertahan di area Support-nya.

Ini menunjukkan bahwa saham BBTN sedang menunggu saat yang tepat, dan suasana market yang kondusif, untuk melanjutkan kembali trend naiknya (Bullish Uptrend).

Ketika nanti para investor sudah berhasil “move on” dari ketakutan akan resesi. Dan market sudah kembali rasional (seperti seharusnya). Saham BBTN bisa jadi salah satu saham yang siap melesat.

Target kenaikan pertama ada di Gap Resistance 1450-1500. Yang jaraknya juga sudah lumayan dekat. Hanya +8.2% dari penutupan saham BBTN hari ini.

Jika momentum BBTN masih berlanjut, maka target kenaikan berikutnya ada di Gap Resistance 1600-1650. Dengan potensi kenaikan +19.4%, dihitung dari harga penutupan hari ini.

Kalau ternyata masih kuat juga, bukan tidak mungkin saham BBTN melanjutkan kenaikannya hingga ke area Support/Resistance 1800-1900. Atau naik +34.3% dari harga penutupan hari ini.

Terlepas dari apakah target-target tersebut sungguh tercapai semuanya atau tidak, saham BBTN (dan banyak saham perbankan lainnya) adalah saham yang sangat menarik untuk dimasukkan ke dalam watchlist kita.

Dan mungkin keadaan market kita tidak seseram, dan tidak se-horor, seperti yang digembar-gemborkan oleh media. Karena toh kalau kita mau rasional, masih banyak koq saham-saham yang potensial di bursa kita.

Kami Menggunakan TradingView

Seluruh analisis teknikal yang ada di website IDXchart.com dibuat dengan menggunakan TradingView. Sebuah cloud-based charting tool terbaik bagi para trader dan investor Indonesia!

Dengan menggunakan TradingView, Anda dapat melakukan analisis dari komputer desktop, laptop, bahkan dari tablet dan Handphone (Android maupun iOS).

Nikmati fasilitas FREE Trial 30-hari, dengan meng-klik banner di bawah ini…