Analisis Teknikal Saham BEST (Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk PT) per 4 Desember 2018

Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya. Bulan November adalah bulan yang sangat menarik bagi saham, IHSG dan Bursa Efek Indonesia.

Bahkan banyak trader/investor saham yang sepakat, bahwa bulan November adalah bulan yang paling baik untuk kita melakukan aksi Buy dan memulai akumulasi.

(Btw, bulan yang katanya paling baik untuk melakukan aksi Sell adalah bulan Mei. Itulah asal mula perkataan: Sell on May and Go Away)

Dan benar saja. Sudah sejak bulan November kemarin, Trading Watchlist kita memunculkan sinyal Buy. Salah satunya adalah saham BEST (Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk PT).

Namun ada yang menarik pada chart saham BEST kali ini, yang tentunya dapat menjadi bahan pelajaran kita bersama.

Mari kita perhatikan chart saham BEST di bawah ini... 

Analisis Teknikal Saham IHSG - Saham BEST per 2018.12.04

Pada [Trading Watchlist] 27 November 2018, saat pertama kalinya saham BEST memunculkan sinyal BUY, saham BEST tengah menguji Resistance kuat 170-180. Resistance kuat yang (kala itu) sudah menahan kenaikan saham BEST selama 3 bulan.

Dan kemarin, tanggal 3 Desember 2018, setelah berupaya naik dan menembus Resistance selama seminggu, saham BEST akhirnya berhasil breakout. Menembus Resistance 180, dan terus melaju hingga titik tertinggi 197 (3 Desember 2018).

(Btw, selamat bagi Anda yang kemarin sempat beli saham BEST. Karena dalam seminggu, saham BEST sudah naik 9.7% sejak entry kita yang di 173!)

Pertanyaan berikutnya adalah: What's next? Selanjutnya bagaimana? Masih boleh beli nggak nih?

Nah, disinilah ceritanya mulai menarik. Coba perhatikan gambar di bawah ini...

Analisis Teknikal Saham IHSG - Saham BEST Order Book 2018.12.04

Gambar di atas adalah penampakan Order Book saham BEST. Perhatikan Bid-Offer yang saya tandai. Perhatikan pola perubahan fraksi antara 199, 200 dan 202.

Notice something?

Yes. Fraksi harga di level Rp.200,- ini cukup menarik.

Kenapa menarik?

Karena begitu harga sahamnya sampai di angka 200, kalau turun, turunnya cuma Rp.1,-. Tapi kalau naik, naiknya kelipatan Rp.2,-. Asik kan? Hehehe

Itulah sebabnya, level 200 ini akan jadi Resistance kuat. Dan inilah target harga saham BEST berikutnya.

Pay attention!

Karena begitu Resistance kuat ini tertembus, jika didukung oleh momentum yang memadai, maka kenaikan harga saham BEST akan berakselerasi dengan cepat.

Sejauh ini saham BEST masih aman. Koreksi yang terjadi hari ini juga masih tergolong wajar. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Jika momentum ini berlanjut, dan dengan dukungan dari "Santa Claus Rally", sepertinya saham BEST punya potensi yang cukup besar untuk naik paling tidak 20-30% dari level yang sekarang.

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!