Analisis Teknikal Saham PPRO (PP Property Tbk PT) per 6 Desember 2018

Seperti yang kita tahu, di bursa saham, harga tidak bergerak seperti garis lurus. Kalau naik nggak cuma naik doang. Pasti ada turunnya. Dan kalau turun juga, nggak melulu turun doang. Pasti ada naiknya juga.

Pergerakan harga yang sehat dan wajar ya memang begitu. Ada zig-zag-nya. Ada naik turunnya.

Namun meskipun pergerakan harga saham selalu naik turun, pasti selalu ada pola dan kecenderungan arah tertentu. Pola dan kecenderungan inilah yang kita sebut "Trend".

Dan menurut ilmu analisis teknikal, market bergerak dalam 3 arah Trend, yaitu:

  1. Trend naik (Bullish)
  2. Trend turun (Bearish)
  3. Trend menyamping (non-trending)

Mari kita lupakan sejenak istilah-istilah keren di atas. Gampangnya begini...

Kalau harga sahamnya lebih banyak naik ketimbang turun, ya berarti Trend-nya naik.

Kalau harga sahamnya lebih banyak turun daripada naik, ya berarti Trend-nya turun.

Kalau harganya naik turun dan jumlahnya seimbang, ya berarti Trend-nya menyamping.

Just that simple! 🙂

Nah, sekarang pertanyaannya adalah: Bagaimana cara menentukan arah trend pergerakan harga saham, dengan cara yang paling gampang dan cepat? 

Untuk itu, kita gunakan yang disebut Garis Trend (Trendline).

Contohnya seperti ini...

Analisis Teknikal Saham IHSG - Saham PPRO 2018.12.06

Di atas adalah chart saham PPRO (PP Property Tbk PT) per 6 Desember 2018. Dan sudah saya berikan sedikit corat-coret, supaya kita bisa sama-sama belajar.

Coba perhatikan garis kuning yang arahnya ke bawah (menurun). Nah garis itulah yang kita sebut Garis Trend (Trendline). Garis itu menunjukkan, bahwa arah pergerakan harga saham PPRO ini cenderung turun. Atau bahasa keren-nya: Trend Bearish.

Dan faktanya, Trend Bearish di saham PPRO ini sudah berlangsung cukup lama. PPRO sudah turun terus seperti ini sejak sekitar akhir tahun 2016 yang lalu. Jadi sudah hampir 2 tahun. Dan harganya sudah "ter-diskon" sampai 60% lebih.

Namun hal yang menarik justru terjadi akhir-akhir ini. Dimana harga saham PPRO sudah mulai menunjukkan tanda-tanda balik arah (reversal).

Sebenarnya ini juga bukan pertama kalinya saham PPRO menunjukkan tanda-tanda balik arah. Sebelum-sebelumnya juga sudah pernah seperti ini.

Namun setiap kali PPRO menunjukkan tanda-tanda balik arah, kenaikannya selalu "terhadang" oleh area Resistance yang cukup kuat. Dan ini sudah berlangsung selama 2 tahun.

Dan kali ini juga begitu. Tanda-tanda balik arah di saham PPRO ini, terhadang oleh area Resistance 127-130 (perhatikan garis putus-putus). Dan sudah sekitar seminggu ini saham PPRO "mentok" di sekitaran area itu.

Sekarang pertanyaannya, apakah tanda-tanda balik arah kali ini akan berhasil? Akankah harga saham PPRO berhasil menembus area Resistance tersebut?

Terus terang, kalau kita lihat secara momentum, memang ada potensi yang cukup besar untuk PPRO breakout dan menembus area Resistance 127-130.

Di Trading Watchlist kita pun, saham PPRO sudah mengeluarkan sinyal BUY sejak tanggal 28 November 2018 kemarin.

Dan kalau benar saham PPRO berhasil breakout, ada kemungkinan PPRO akan naik ke sekitar 140, bahkan (jika situasi mendukung) bisa sampai ke 170.

Manage your risk!

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!