Analisis Teknikal Saham TINS (Timah Tbk PT) per 13 Desember 2018

Seiring dengan penguatan IHSG, kalau diperhatikan, belakangan ini kita banyak membahas saham-saham berada di area Resistance kuat.

Dan saham-saham yang kita ulas tersebut, sebenarnya sudah naik cukup signifikan. Apa lagi Trading Watchlist kita juga sudah mendeteksi pergerakannya sejak bulan November yang lalu. Ketika harganya masih di bawah.

Namun jika kita ikuti perkembangannya, banyak juga diantaranya yang menembus area Resistance kuat. Dan ini membuat saham-saham tersebut berpotensi untuk naik lebih tinggi lagi. Persis seperti kondisi IHSG kita yang sekarang.

Nah, untuk Chart Study kita kali ini, kita akan membahas hal yang sedikit berbeda.

Kita akan melakukan analisis teknikal di saham yang sebenarnya sudah naik lumayan, tapi masih belum sampai ke area Resistance. Alias saham yang naiknya masih "nanggung". Yaitu saham TINS (Timah Tbk PT).

Untuk itu, silakan perhatikan chart berikut ini...

Di atas adalah chart saham TINS per 13 Desember 2018.

Saham TINS sebenarnya baru menarik perhatian kita awal Desember ini. Lebih tepatnya, saat muncul sinyal BUY di [Trading Watchlist] 5 Desember 2018.

Dari chart di atas, dapat kita perhatikan, di awal bulan Desember 2018, chart saham TINS baru saja menembus garis trend (trendline) bearish jangka menengah. Perhatikan garis kuning yang mengarah ke bawah.

Namun seperti yang sudah kita pelajari. Patah trend, bukan berarti marketnya akan langsung balik arah. Mentang-mentang trend-nya berubah, bukan berarti arahnya langsung naik!

(Silakan simak kembali video Trend and Market Direction yang ada di IDXchart Premium Membership)

Secara analisis teknikal, kita baru confirmed ada pembalikan arah (reversal) di saham TINS, jika harganya sudah menembus Resistance kecil 700. Dan itu baru terjadi 2 hari kemudian, terhitung sejak saham TINS berhasil menembus trendline turun.

Sekali lagi, coba perhatikan garis kuning lurus yang mengarah ke bawah.

Lalu apakah kenaikan ini masih akan terus berlanjut?

Kemungkinan besar iya. Kenaikan saham TINS ini masih akan terus berlanjut. Tentu saja disertai dengan koreksi-koreksi yang sehat. Karena pergerakan harga saham yang wajar, ya memang harus ada naik dan turun.

Sampai kapan saham TINS akan naik?

Kemungkinan saham TINS akan naik sampai menguji area Resistance kuat di sekitar harga 850. Yang artinya, kalau dihitung dari harga penutupan 13 Desember 2018, saham TINS masih ada potensi untuk naik sekitar 15% lagi.

Ketika saham TINS sudah sampai di harga 850, barulah kita evaluasi kembali. Apakah saham ini masih layak kita hold lebih lama, atau sebaiknya kita lepas dulu untuk Profit Taking.

Dan seperti biasa.... Manage your risk!

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!