About Us

Ariz-Analisis-Teknikal-Saham-IHSG

Hello!

Nama lengkapnya Ariesz Pratama Putra. Tapi tolong panggil saja saya... Ariz! 🙂

Saya sebenarnya adalah seorang Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE atau Broker-dealer). Atau yang lebih dikenal sebagai pialang/broker saham. Dan sudah bekerja di Bursa Efek Indonesia ini sejak tahun 2007.

Semuanya Bermula Dari…

Dulu sebelum saya aktif menulis dan mengembangkan konten di webstie ini (IDXchart.com), saya aktif menulis di sebuah situs Tanya-Jawab yang bernama Yahoo Answers.

Dulu, di tahun 2007, Yahoo Answers sangat populer (saat itu situs Quora belum ada). Dan di situs tanya-jawab tersebut, saya sudah menjawab lebih dari 400 pertanyaan seputar dunia keuangan dan investasi saham. Dan sempat menjadi salah satu Top Contributor di kategori tersebut.

Yahoo Answer 1 - Analisis Teknikal Saham IHSG
Jawaban yang saya tulis untuk sebuah pertanyaan tentang kondisi saham dan IHSG di Yahoo Answer. Jawaban ini tepat sebelum terjadinya krisis ekonomi dan keuangan global di tahun 2008.
Yahoo Answer 2 - Analisis Teknikal Saham IHSG
Jawaban saya atas pertanyaan tentang ETF (Exchange-Traded Fund) pertama di Bursa Efek Indonesia, yaitu: R-LQ45X. Yang saat itu disambut baik oleh para investor retail.
Yahoo Answer 3 - Analisis Teknikal Saham IHSG
Jawaban saya tentang penawaran ORI di tahun 2008. Ketika itu animo masyarakat untuk membeli ORI sangat besar. Sehingga penawaran ORI selalu ditunggu-tunggu.

Ternyata Saya Baru Sadar…

Dari hasil menjawab ratusan pertanyaan, yang diajukan oleh ratusan orang, akhirnya saya menyadari satu hal. Bahwa dunia trading dan investasi saham adalah dunia yang sangat menarik bagi banyak orang.

Karena dengan berinvestasi, kita dapat menjadi kaya. Dengan investasi, kita dapat merubah hidup kita menjadi lebih baik. Dan dengan investasi, kita dapat memperoleh pemasukan tanpa kita harus bekerja.

Kita bisa hidup mandiri, tidak tergantung siapa-siapa. Kita bisa bebas mengejar passion kita. Kita bisa punya banyak waktu buat keluarga. Kita bisa pensiun dengan nyaman, menikmati hidup dengan tenang, serta fokus beribadah dengan hati yang damai.

Tapi Sayangnya…

Namun begitu kita mencoba berinvestasi, terutama investasi saham, kita akan segera dihadapkan pada sebuah kenyataan hidup. Bahwa ternyata investasi saham tidak semudah dan sesederhana seperti yang dibilang orang-orang di luaran sana.

Dalam beberapa bulan setelah berinvestasi, di kebanyakan orang biasanya akan muncul pertanyaan-pertanyaan, masalah-masalah, bahkan kesulitan yang dialami, misalnya…

  • Bagaimana cara memilih saham yang bagus?
  • Bagaimana mengetahui saham yang harganya sudah murah?
  • Bagaimana mencari saham yang akan naik dalam waktu dekat?
  • Kapan waktu yang tepat untuk membeli?
  • Kapan waktu yang tepat untuk menjual?
  • Kalau kita beli saham, bagusnya beli berapa banyak?
  • Berapa macam saham yang sebaiknya kita pegang?

Tapi ternyata dilema kita tidak berhenti sampai disitu. Selama berinvestasi, kita akan mengalami masalah-masalah seperti…

  • Kita beli, sahamnya langsung turun. Kalau kita tahan, malah semakin turun. Tapi begitu kita jual, harganya langsung naik lagi!
  • Waktu kita beli sedikit, harganya naik. Tapi kenapa begitu kita beli agak banyak, harganya langsung turun?!
  • Salah beli. Salah jual. Salah posisi. Semuanya jadi serba salah. Dibeli salah. Dijual juga salah. Sampai kita jadi bingung sendiri harus bagaimana?!

Padahal Kita Sudah Berusaha…

Banyak dari kita sudah berusaha belajar. Mencari artikel-artikel yang ada di internet. Menonton video-video tentang belajar saham di Youtube. Membaca buku-buku yang dijual di Gramedia.

Bahkan banyak juga yang ikut belajar dan join di group seputar saham (entah WhatsApp, Line, Telegram). Atau malah sudah mencoba ikut workshop/seminar investasi saham yang harganya jutaan rupiah.

Tapi hasilnya bagaimana?

Semakin banyak belajar, malah jadi semakin bingung. Semakin banyak tanya-tanya, malah semakin tidak PD. Semakin banyak info, malah semakin nggak tahu harus ngapain.

(Loh… Koq tahu, Riz? Ya saya tahu, karena saya juga pernah mengalami! 🙂

Masalahnya Sebenarnya Dimana?

Sebenarnya banyak diantara kita yang masih rugi, yang belum bisa profit, yang sahamnya masih nyangkut. Bukan karena kita kurang info, dan bukan karena kita kurang belajar.

Malah justru sebaliknya!

Kita belum profit (atau kalau sudah profit, profit-nya tidak konsisten), itu semua karena kita belajar dari sumber informasi yang tidak lengkap. Terutama kalau kita belajar dari artikel-artikel yang kita dapat dari Google dan video Youtube!

Artikel dan video seperti itu banyak yang infonya cuma setengah-setengah. Banyak yang tidak lengkap. Dan banyak yang penjelasannya kurang tuntas.

Banyak konsep-konsep dasar yang terlewatkan, banyak hal yang terlupakan, atau bahkan malah kita tidak tahu sama sekali. Karena memang tidak ada yang mengajarkan!

Contoh paling gampangnya adalah tentang penggunaan indikator. Misalnya: Stochastic, MACD dan Moving Average.

Antara Stochastic, MACD dan Moving Averages…

Banyak trader dan investor, terutama yang pemula, masih sering bingung dengan ketiga indikator ini.

Di indikator Stochastic ada sinyal Buy, tapi di indikator MACD malah keluar sinyal Sell. Nanti Moving Averages-nya beda lagi. Akhirnya kita bingung mau mengikuti sinyal yang mana.

Padahal dalam ilmu analisis teknikal, kita mengenal dua jenis indikator. Ada yang namanya Indikator Trend (seperti MACD dan Moving Averages). Dan ada pula yang namanya Indikator Momentum (seperti Stochastic dan RSI).

Keduanya adalah dua jenis indikator yang berbeda, yang "melihat" market dari sudut pandang yang berbeda, untuk gaya trading/investasi yang berbeda pula.

Dua jenis indikator ini TIDAK BOLEH digabung, dan TIDAK BOLEH digunakan bersamaan!

Itu kita baru bicara tentang indikator yang umum. Kita belum bicara soal penggunaan Support/Resistance, pola-pola Candlestick, analisis Trend, strategi Profit Taking, Risk Management, dll.

Jadi sebenarnya wajar kalau masih banyak diantara kita yang rugi!

Karena memang terlalu banyak informasi yang tumpang tindih, yang tidak lengkap, yang saling bertentangan dan sangat membingungkan!

Inilah tujuan utama dibalik lahirnya website IDXchart.com! 🙂

Saya Punya Sesuatu Untuk Anda!

Untuk membantu menjelaskan dasar-dasar investasi saham, dan bagaimana cara membaca pergerakan harga. Saya sudah membuatkan 3 video tutorial.

Di video-video ini, Saya akan bocorkan…

  • Cara mudah untuk punya penghasilan yang rutin, stabil dan konsisten dari Bursa Saham!
  • Teknik sederhana untuk menemukan saham-saham yang masih murah, yang akan naik dalam waktu dekat!
  • Langkah berinvestasi dengan percaya diri, dan tidak perlu khawatir harga sahamnya turun lagi!
  • Rahasia mengetahui di harga berapa dan kapan waktu yang tepat untuk BUY, SELL atau HOLD!
  • Tidak perlu memantau market sepanjang hari, tidak mengganggu pekerjaan utama, dan tidak mengorbankan waktu bersama keluarga!