Prospek IHSG di Tahun Politik 2019

Akhir-akhir ini banyak sekali pertanyaan yang masuk ke saya. Entah itu via email, via WA maupun social media. Pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bagaimana prospek saham, IHSG dan Bursa Efek Indonesia menjelang tahun politik 2019.

Terus terang saja, saya sebenarnya agak enggan untuk bicara seputar politik. Terutama hal-hal seputar Pemilu, PilPres dan segala dinamikanya.

Namun biar bagaimana pun juga harus disadari, bahwa di Indonesia, yang namanya politik dan ekonomi memang saling berkaitan dan bisa saling mempengaruhi. Dimana setiap kebijakan ekonomi, sangat tergantung pada siapa pemegang tampuk kekuasaan di pemerintahan.

Sebenarnya ya nggak cuma di Indonesia saja yang begitu.

Di hampir semua negara-negara berkembang, terutama yang dikategorikan sebagai "Emerging Market", kebijakan politik dan ekonomi memang hampir tak terpisahkan.

Itulah sebabnya, di tahun-tahun dimana akan dilaksanakan Pemilu (tahun politik), diskusi-diskusi semacam ini akan selalu mengemuka.

Karena tahun politik seolah identik dengan ketidakpastian. Dimana pergerakan market akan semakin unpredictable.

So, kembali ke topik bahasan kita. Bagaimana prospek saham, IHSG dan Bursa Efek Indonesia menuju tahun politik 2019? Apakah benar market akan menjadi unpredictable? Lalu apa yang harus kita lakukan? 

Well, sekarang mari kita berkaca ke masa lalu sejenak. Coba kita mundur kembali ke belakang, sekitar 20 tahun. Supaya kita bisa mengira-ngira, bagaimana kondisi tahun 2019 ke depan.

Sejak tahun 2009, sampai dengan tahun 2019, totalnya Indonesia sudah mengadakan 4 kali Pemilu. Yaitu tahun 1999, 2004, 2009 dan 2014. Dimana Pemilu kelima akan diadakan di tahun 2019.

Dan kalau kita lihat kembali secara historis, kita lihat kembali data-data kinerja saham dan IHSG di tahun-tahun politik tersebut, kita akan menemukan sesuatu yang sangat, sangat menarik.

Coba perhatikan tabel yang saya sertakan berikut ini...

Analisis Teknikal Saham IHSG - Tahun Politik IHSG

Can you see it?

Di tahun-tahun politik. Di tahun-tahun dimana Indonesia mengadakan Pemilu. Di tahun-tahun yang "katanya" penuh ketidakpastian dan unpredictable, ternyata IHSG selalu naik!

Bahkan Pemilu 1999, yang disebut-sebut sebagai Pemilu Indonesia paling demokratis sejak Orde Baru, IHSG mencatat kenaikan fantastis hingga +70%!

Padahal dikala itu, Indonesia sedang berusaha bangkit dari keterpurukan Krisis Ekonomi, Sosial dan Politik di tahun 1998. Kalau bicara masalah ketidakpastian dan unpredictable, di tahun 1999 situasinya tentu lebih parah daripada sekarang.

Situasi yang kurang lebih sama juga terjadi pada Pemilu 2009. Dimana perekonomian global yang kala itu sedang terseok-seok, akibat Krisis Finansial (sub-prime mortgage) di tahun 2008. Faktanya, IHSG malah mencatat kenaikan hingga nyaris +87%!

Lalu bagaimana dengan IHSG di tahun politik 2019?

Ya kalau dilihat secara historis, sepertinya saham, IHSG dan Bursa Efek Indonesia juga akan baik-baik saja. Malah bukan tidak mungkin IHSG akan mencetak rekor kenaikan baru. Seperti yang sudah terjadi di masa lalu. Who knows?

Meskipun saat ini, (ketika post ini ditulis) di penghujung bulan November 2018, IHSG kita sepertinya agak berat untuk naik. Dan masih menguji area Resistance kuat 6000-6100 yang tidak kunjung tertembus selama 6 bulan terakhir.

Kalau begitu pertanyaan berikutnya adalah: Saham-saham apa saja yang boleh kita koleksi dari sekarang? Sektor-sektor mana saja yang diperkirakan akan berprospek bagus di tahun 2019?

Bicara soal ini, data-datanya memang tidak definitif. Karena setiap tahun politik, saham-saham yang naik juga berbeda-beda. Sektor-sektor yang bergairah pun tidak sama. Tergantung banyak faktor, dan situasi perekenomian global.

Yang jelas, jika ada saham yang akan naik, pasti akan muncul di sinyal kita. Pasti ada tanda-tandanya. Tinggal apakah kita mau sabar menunggu saat yang tepat atau tidak.

Bahkan sejak beberapa minggu belakangan, tanda-tanda itu juga sudah mulai kelihatan. Termasuk sinyal Buy yang muncul sore ini...

[Trading Watchlist] 29 November 2018

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!