IHSG Hari Ini : Akan Kemana Arahnya?

IHSG hari ini, di awal minggu, Senin 8 Oktober 2018, ditutup menguat 29 poin (+0.5%), dibandingkan dengan penutupan minggu kemarin. Sebuah kenaikan yang sebenarnya lumayan. Karena secara analisis teknikal saham, IHSG hari ini tampaknya ada "perlawanan".

Namun pertanyaan sebenarnya adalah... Apakah IHSG dan market kita benar-benar akan bullish? Benar-benar akan balik arah? Atau arahnya sebenarnya masih turun? Atau malah masih sideways dan belum jelas?

Jujur saja, pertanyaan-pertanyaan semacam ini banyak sekali masuk ke inbox saya sejak minggu kemarin. Baik melalui email, social media maupun melalui chat WA.

So, let's talk about it. 🙂

Untuk itu, coba kita perhatikan sejenak update chart IHSG hari ini... 

Analisis Teknikal Saham IHSG - IHSG per 2018.10.08

Dua pasang garis kuning, yang tampak pada chart IHSG di atas, adalah masih dua pasang garis yang sama, yang sudah kita gambar sejak berbulan-bulan kemarin. Tidak ada yang berubah.

Banyak diantara kita, malah mungkin juga menggambar dua pasang garis yang sama di chart-nya masing-masing. Kalau kebetulan Anda belum menggambar dua pasang garis tersebut silakan digambar juga.

Sepasang di level IHSG 5600 dan 5700. Dan sepasang lagi di level IHSG 6000 dan 6100. Just do it. You can thank me, later! 🙂

Kalau sudah, let's take a little look...

Kalau kita perhatikan dengan seksama, IHSG sudah memasuki masa sideways (non-trending) sejak bulan May 2018. Dan di bulan Oktober ini, berarti masa-masa sideways IHSG sudah memasuki bulan keenam.

Sampai kapan IHSG akan seperti ini? IHSG akan terus seperti ini, sideways dan non-trending, sampai salah satu dari dua pasang garis tersebut tertembus.

Entah itu IHSG naik dan menembus area Resistance 6000-6100. Yang berarti market kita akan memasuki masa trend naik (Bullish).

Atau bisa jadi, IHSG malah turun dan menembus area Support 5600-5700. Yang artinya market kita memasuki trend turun (Bearish).

Yang mana dari dua skenario tersebut yang akan terjadi, sebenarnya tidak ada seorang pun yang tahu. Dan sampai berapa lama lagi IHSG akan bergerak "tidak jelas" seperti ini, pun tidak ada yang mampu memastikan.

Wah, kalau begitu kita harus bagaimana dong?

Take it easy and slow down. Karena pergerakan market dan harga saham juga punya siklusnya sendiri-sendiri. Segala sesuatu ada waktunya. Segala sesuatu ada masanya.

Dan menurut saya, masa-masa seperti sekarang ini adalah masa-masa yang bagus untuk kita sejenak menjauh dari market, untuk mengevaluasi kinerja Trading Plan kita selama ini.

Bahkan kalau perlu, kembali belajar. Kembali menonton ulang materi-materi yang ada di Member Area. Mumpung market-nya juga lagi akan "sunyi" dan non-trending.

Karena kalau nanti marketnya sudah gerak, atau malah sudah naik, kita semua pasti akan sibuk trading dan "bermain" di market yang sedang menggeliat. Dan sudah tidak ada waktu untuk belajar seperti ini lagi.

Dan sementara kita kembali belajar dan mengevaluasi Trading Plan kita, tentu tidak ada salahnya juga memantau saham-saham berikut ini...

[Trading Watchlist] 9 Oktober 2018

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!