IHSG Hari Ini : Akhirnya Tembus 6100!

Di hari pertama trading bulan Desember 2018, IHSG hari ini close di level 6118. Atau menguat 62 poin (+1.02%), jika dibandingkan dengan penutupan hari jumat minggu kemarin.

Meski secara sekilas, penguatan hari ini terlihat biasa-biasa saja. IHSG hari ini hanya naik 1% (lebih sedikit). Kelihatannya memang tidak signifikan. Namun kalau kita cermati lebih dekat, penguatan hari ini adalah sinyal yang sangat, sangat positif.

Lho... memangnya kenapa? Toh cuma naik 1% doang kan? Apa istimewanya penguatan IHSG hari ini?

Untuk itu, coba perhatikan chart IHSG berikut ini... 

Analisis Teknikal Saham IHSG - IHSG per 2018.12.03

Kalau kita perhatikan chart IHSG diatas (per 3 Desember 2018), hari ini adalah untuk pertama kalinya dalam 6 bulan terakhir, IHSG running diatas Resistance kuat 6000-6100.

Coba perhatikan kembali chart IHSG di atas. Dalam 6 bulan terakhir, IHSG memang sempat beberapa kali menembus area level 6100. Tapi hal itu hanya berlangsung sesaat. Cuma naik sebentar, untuk kemudian turun kembali.

Sedangkan hari ini, kalau kita perhatikan pergerakannya sejak pagi, IHSG secara konsisten running di atas level Resistance 6100. Seharian penuh. Mulai dari open sampai closing!

Ini adalah sinyal yang sangat positif. Apa lagi ditambah fakta, bahwa secara historis, IHSG kita selalu naik di bulan Desember (sudah 17 tahun berturut-turut, sejak tahun 2001).

Kalau begitu, selanjutnya bagaimana? What's next on IHSG?

Secara teori analisis teknikal, kalau ada breakout resistance seperti ini, biasanya akan diikuti oleh koreksi sehat. Apa lagi candlestick IHSG hari ini membentuk Graveyard Doji.

Artinya, kalau dalam 1-2 hari ke depan IHSG-nya turun dan ada koreksi, jangan khawatir. Itu wajar. Dan secara analisis teknikal, gerakan market yang sehat ya memang harus begitu.

Malah koreksi yang terjadi akan semakin mengkonfirmasi breakout resistance kali ini. Dan koreksi kali ini adalah kesempatan yang sangat bagus untuk kita mulai akumulasi.

Dan kalau semuanya berjalan sesuai dengan rencana kita, ada kemungkinan untuk IHSG naik ke 6400-6500 sampai akhir tahun. (Amien!)

Nah, pertanyaan berikutnya adalah: Saham-saham apa yang layak untuk kita beli dan koleksi dalam minggu-minggu ini?

Sore ini, ada banyak sinyal BUY yang muncul di Watchlist kita. Dan mumpung masih awal bulan juga. Sehingga masih belum terlambat untuk kita mulai beli dari sekarang. Jangan sampai ketinggalan!

[Trading Watchlist] 4 Desember 2018

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!