IHSG Hari Ini : Kita Belum Perlu Khawatir

IHSG hari ini ditutup turun di 6076. Atau melemah 34 poin (-0.56%), jika dibandingkan dengan posisi di awal minggu ini. Di tengah pergerakan bursa regional yang bergerak mix (tidak searah, ada yang naik dan ada yang turun).

Pelemahan ini sebenarnya belum perlu dikhawatirkan. Karena meskipun IHSG sudah turun beberapa hari, namun posisinya masih tetap bertahan di area Support/Resistance kuat 6000-6100.

Kalau begitu bagaimana menyikapi kondisi market yang seperti sekarang ini? Bagaimana dengan saham-saham yang ada dalam pantauan kita? Apakah lebih baik profit taking dulu? Atau masih boleh hold untuk berapa lama? 

Secara analisis teknikal, jika kita melihat data historis selama 17 tahun ke belakang, IHSG selalu naik di bulan Desember. Yang ini mungkin kita semua sudah tahu. Karena sudah berkali-kali juga kita ungkapkan.

Tapi meskipun IHSG selalu naik di bulan Desember, bukan berarti kita boleh gegabah dan ceroboh. Juga bukan berarti kita boleh beli saham sembarangan.

Malah saat-saat seperti ini adalah waktu dimana kita harus memantau portfofolio kita dengan ketat. Terutama untuk saham-saham yang masih tertahan di area Support/Resistance.

Untuk saham-saham yang kita dapat di harga bawah (yang dibeli di sekitar bulan November kemarin), perhatikan area-area Resistance pentingnya.

Kalau memang kelihatannya sudah tidak kuat naik, boleh pertimbangkan untuk Profit Taking dulu.

Sementara untuk saham-saham lainnya, terus pantau sinyalnya di Trading Watchlist kita...

[Trading Watchlist] 12 Desember 2018

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!