IHSG Hari Ini : Bingung Mau Kemana?

IHSG di awal minggu ini, senin 22 Oktober 2018, ditutup menguat tipis. Tipis sekali. Hanya 3 poin (+0.05%), dibandingkan dengan penutupan di hari jumat, minggu kemarin.

Kalau dilihat sekilas, memang nampaknya pergerakan IHSG hari ini tidak begitu berarti. Namun dibalik pergerakan yang "tidak seberapa" itu, ada tanda-tanda yang dapat kita baca... jika kita jeli.

So, apakah gerangan yang terjadi di balik pergerakan IHSG hari ini? Kemana arah IHSG seminggu ke depan? Lalu saham-saham apa yang dapat kita pantau dan cermati untuk minggu ini? 

Kalau menurut metode analisis teknikal candlestick (Candlestick Charting Technique), pola candle yang terbentuk oleh IHSG hari ini disebut doji.

Secara historis, doji yang muncul di chart saham dan IHSG, biasanya terbentuk di sekitar level-level Support/Resistance. Sehingga biasanya, kalau kita sudah melihat ada candle doji, kita akan bersiap-siap untuk market-nya balik arah.

Doji yang muncul di bawah, di area Support, biasanya menandakan, besok market-nya akan naik. Begitu juga sebaliknya. Doji yang muncul di atas, di area Resistance, biasanya menandakan bahwa besok market-nya akan turun.

Secara kebiasaan, secara historis, memang seperti itu...

Namun, doji yang muncul kali ini sedikit berbeda. Dan kalau kita perhatikan, jumat kemarin juga IHSG membentuk pola doji. Memang tidak persis sama, namun hampir mirip.

So artinya apa?

Doji yang muncul selama dua hari berturut-turut ini, sebenarnya menandakan indecision. Artinya, kekuatan bullish dan bearish sama-sama kuat. Dan market-nya sendiri sebenarnya juga nggak tahu mau kemana.

Apa lagi posisinya juga "serba nangung" kayak gini. Seperti tepat di pertengahan jalan. Persis di tengah-tengah antara Support 5600-5700 di bawah, dan Resistance 6000-6100 di atas.

Indecision!

Lalu apa yang dapat kita lakukan?

Kalau hanya berpatokan ke IHSG, sebenarnya not much we can do. Tidak banyak yang dapat kita lakukan. Selain wait and see, sambil menunggu bagaimana reaksi market berikutnya. Apakah akan ke atas, atau akan ke bawah.

Tapi seperti yang selalu kita katakan, IHSG adalah indeks komposit. Artinya gerakan IHSG akan selalu lebih lambat daripada gerakan saham per saham. Sehingga kalau kita mau tahu kemana arah market berikutnya, perhatikanlah chart saham per saham.

Dan kalau kita perhatikan sinyal yang muncul hari ini, sepertinya cukup jelas juga IHSG akan kemana. Terutama kalau kita perhatikan gerakan saham-saham berikut ini...

[Trading Watchlist] 23 Oktober 2018

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!