IHSG Hari Ini : Interaksi antara 2 Jenis Trader

IHSG hari ini, selasa 4 Desember 2018, ditutup di level 6125, atau menguat 34 poin (+0.56%) dibandingkan dengan penutupan hari Senin kemarin.

Meski di sesi siang hari IHSG sempat mengalami koreksi sedikit, namun hal itu tidak berlangsung lama. Perlahan tapi pasti, IHSG kembali menguat hingga sesi penutupan sorenya.

Btw, di kondisi market yang seperti sekarang ini, terutama di kala IHSG yang baru menembus Resistance kuat, sebenarnya ada hal menarik yang dapat kita simak dan jadikan bahan pelajaran.

Yaitu tentang bagaimana perilaku para Swing Trader dan Position Trader (Trend Follower). Tentang bagaimana dua gaya trading yang sepertinya bertolak belakang, namun sebenarnya bisa sama-sama profit di market yang sama.

Karena pada dasarnya semua trader bisa profit. Yang nggak bisa profit adalah orang-orang yang ngerti "cara mainnya". Hehehe. :p 

Masih ingat nggak? Kemarin kita sudah sempat bahas. Bahwa secara analisis teknikal, setiap kali ada Breakout Resistance, biasanya akan diikuti oleh koreksi sesaat.

Pertanyaannya, kenapa "harus" ada koreksi? Dan kenapa "harus" terjadi sesaat setelah Breakout Resistance?

Simple. Karena para Swing Trader. Mereka yang sempat dapat barang di harga bawah. Yang sudah ngumpulin barang sejak IHSG bertahan di Support kuatnya. Biasanya mereka akan melakukan Profit Taking di kalah IHSG menyentuh Resistance.

Aksi jual para Swing Trader inilah, yang membuat terjadinya koreksi.

Di sisi lain, aksi jual dan Profit Taking para Swing Trader, dimanfaatkan oleh para Position Trader untuk "menampung barang buangan". Itulah sebabnya koreksi yang muncul tidak terlalu dalam. Dan biasanya koreksinya pun tidak berlangsung lama.

Inilah penjelasan sederhana, tentang apa yang terjadi di IHSG dalam beberapa hari ini. Dan sekali lagi, semua ini adalah wajar. Pergerakan market yang sehat memang harus begitu.

Btw, sepanjang tahun 2018 ini, banyak trader/investor yang mengeluh. Kata mereka marketnya lagi "susah". Banyak trader yang rugi, dan banyak investor yang sahamnya nyangkut dalam.

Well, inilah saat yang kita tunggu-tunggu. Kesempatan sudah di depan mata. Inilah moment-nya!

Market-nya lagi bottoming, dan IHSG balik arah. Pokoknya di saat-saat seperti ini, jangan sampai kita nggak tahu mau beli saham apa!

Sudah sejak bulan November kemarin, Trading Watchlist kita muncul banyak sinyal BUY. Masa iya kita cuma bengong-bengong doang? Hehehe

[Trading Watchlist] 5 Desember 2018

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!