IHSG Hari Ini : Manfaatkan Momentum!

IHSG hari ini ditutup di level 5868, atau menguat 67 poin (+1.16%) dibandingkan dengan penutupan hari sebelumnya. Penguatan yang cukup signifikan, mengikuti penguatan yang terjadi di berbagai bursa utama di Asia, Eropa dan US.

Salah satu faktor terbesar yang mendorong penguatan ini adalah, karena banyak perusahaan-perusahaan di US yang merilis laporan keuangan, dan ternyata hasilnya sangat positif (banyak perusahaan yang membukukan laba signifikan).

Hasil positif tersebut seolah menepis pesimisme (dan ketakutan) akan krisis ekonomi global yang menghantui pasar keuangan selama beberapa minggu terakhir.

Logikanya simple, kalau perusahaan-perusahaan di US saja masih bisa dapat untung banyak, berarti ekonomi US baik-baik saja. Dan kalau ekonomi US baik-baik saja, berarti ekonomi dunia juga tidak seburuk seperti yang dipikirkan sebelumnya.

Imbasnya ke Bursa Efek Indonesia adalah, IHSG dibuka di sesi pagi dan langsung melompat +33 poin. Menciptakan gap kosong yang ternyata tidak tertutup sampai sore hari ini.

So, selanjutnya bagaimana? Apakah kenaikan akan berlanjut? Atau IHSG harus turun dulu, karena (katanya) gap harus ditutup? Saham-saham apa yang boleh kita incar untuk di-trading-kan? 

Oke, kalau bicara gap, ada hal yang perlu diluruskan dulu.

Secara teori analisis teknikal, TIDAK ADA KEHARUSAN untuk sebuah gap harus ditutup. Diantara beberapa jenis gap (common, breakaway, runaway dan exhaustion), yang biasanya ditutup adalah exhaustion gap. Karena jenis ini mengindikasikan reversal.

Sekali lagi, itu kalau secara teori analisis teknikal. Pada praktek dan kenyataannya bagaimana?

Berdasarkan pengalaman saya pribadi (trading sejak tahun 2007), gap di IHSG akan bertindak sebagai Support/Resistance kuat.

Itu artinya, IHSG sekarang punya Support baru di 5800. Ada baiknya gap ini kita tandai dari sekarang. Karena akan sangat berguna untuk referensi trading beberapa bulan ke depan.

Seperti ini contohnya...

Analisis Teknikal Saham IHSG - Gap IHSG per 2018.10.17

Silakan gambar garis yang serupa di charting Anda masing-masing. 🙂

Karena berdasarkan pengalaman, garis tersebut akan menjadi semacam penahan (support), yang dapat mencegah IHSG turun lebih dalam.

Apakah pasti akan seperti itu? Apakah pasti IHSG dapat bertahan di garis tersebut? Tentu tidak.

Harap diingat, analisis teknikal adalah tentang prakiraan dan probabilita. Namun setidaknya saat ini kita sudah punya patokan, untuk membantu kita membuat Trading Plan dan menyusun skenario ke depan.

Dan jika perkiraan kita benar, kenaikan hari ini adalah awal dari trend yang lebih besar. Jika penguatan ini berlanjut, maka ada kemungkinan IHSG masih bisa kembali naik ke level 6000-6100 sampai akhir tahun.

Kalau begitu, saham-saham apa saja yang boleh kita cermati dari sekarang? Bagaimana cara memanfaatkan momentum ini?

Silakan simak Trading Watchlist-nya...

[Trading Watchlist] 18 Oktober 2018

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!