IHSG Hari Ini : Market-ya Udah Balik Arah Nih?!

Hari jumat kemarin pergerakan IHSG tampak cukup positif dan menggembirakan. IHSG ditutup menguat 43 point (+0.7%). Ditutup di level 5989, dengan kenaikan yang mantap sepanjang hari, tanpa adanya koreksi yang berarti.

Kabar baik lainnya adalah, kini IHSG sudah “resmi” keluar dari trend bearish jangka menengah. Artinya, IHSG ini trend-nya sudah bukan turun lagi. Melainkan sudah berubah menjadi sideways, atau non-trending.

Sekali lagi, kita bilang trend-nya berubah menjadi menyamping (sideways atau non-trending). Kita masih belum dapat memastikan apakah IHSG akan balik arah setelah ini.

Jadi maksudnya bagaimana? Sudah boleh beli atau belum? Atau masih harus menunggu konfirmasi yang lain?

Terus terang saja, saya melihat jalannya IHSG akan sedikit terhambat di Resistance 6000. Dimana kemungkinan besar akan ada koreksi yang wajar di sekitaran level itu.

Artinya, kalau memang ada saham-saham yang saat ini sedang Anda incar, lebih baik tidak perlu buru-buru dibeli. Apa lagi kalau saham tersebut sudah terlanjur naik banyak. Tunggu koreksi saja, tidak perlu dikejar.

Setelah nanti IHSG koreksi di 6000, selanjutnya bagaimana?

Kalau dilihat dari momentumnya, dan kalau kita lihat pergerakan saham-saham bluechip beberapa minggu ke belakang, sebenarnya ada kans yang cukup besar untuk market kita (dan IHSG) akan naik sampai akhir tahun.

Tapi ya tentu saja, naiknya tidak garis lurus. Koreksi-koreksi sehat akan tetap terjadi di sepanjang jalan. Terutamanya nanti ketika IHSG sudah sampai di 6200.

Anyway, seperti biasa. Kita kan tidak trading di IHSG. Kita trading saham. Kita investasi saham. IHSG hanya sekedar overview belaka. Yang jelas tidak ada artinya kalau kita nggak punya barang. Hehehe

Kalau begitu saham-saham apa saja yang boleh mulai diakumulasi?

Ya itu, tinggal lihat saja yang di Trading Watchlist! 🙂

Karena sejak dua minggu yang lalu juga Trading Watchlist kita sudah penuh dengan sinyal-sinyal yang positif. Bahkan banyak juga yang sudah naik duluan. Seolah-olah mencuri start dan mau naik duluan daripada IHSG.

Dan kelihatannya untuk besok, akan ada lebih banyak lagi yang bergerak.

[Trading Watchlist] 30 Juli 2018

Keep calm and trade your plan!

Ariz

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!