IHSG Hari ini : Market-nya Para Swing Trader

IHSG hari ini, 18 September 2018, kembali ditutup melemah 12 poin (-0.2%), dan close di 5811. Padahal IHSG hari ini sempat running di teritori positif di sesi pagi, meskipun hanya sebentar.

Yah... Yang namanya market lagi sideways ya memang begini. Sehari naik. Sehari turun. Belum ada trend yang jelas. Dan belum ketahuan juga arahnya mau kemana.

So, apa yang harus kita lakukan di tengah situasi market yang tidak menentu? Masih tetap wait and see? Atau bagaimana? 

Bagi trader yang bermain di trend jangka menengah dan trend jangka panjang, pergerakan harga saham dan IHSG yang seperti ini memang tidak begitu menguntungkan. Karena strategi Trend Following memang memerlukan trend yang jelas.

Namun situasi ini justru menguntungkan bagi trader yang bermain di trend jangka pendek (swing trader). Bagi mereka yang memang sudah terbiasa mengumpulkan profit dari fluktuasi jangka pendek.

Lantas apakah dengan begitu kita harus ikut-ikutan berganti strategi? Dan berganti gaya trading demi mendapatkan profit?

Ya kalau mau sekedar belajar dan mencari tahu, kita sudah paparkan caranya di Premium Member Area. Silakan tonton dan pelajari kembali video Stochastic dan Support/Resistance.

(Dalam kedua video tersebut, kita akan membahas dasar-dasar dan trik untuk memanfaatkan momentum, dan mendapatkan profit di trend jangka pendek. Dan bagi orang yang cocok, swing trading is very fun! 🙂

Namun bagi orang yang tidak terbiasa. Atau bagi kita yang tidak punya waktu untuk melihat market dan memantau harga saham sepanjang hari, swing trading adalah strategi yang stressful dan melelahkan.

Kalau begitu apa yang harus dilakukan?

Well, nothing. 🙂

Tidak ada yang "harus" dilakukan. Dan sebenarnya juga, tidak ada yang perlu dilakukan. Kita hanya perlu bertahan dan bersabar.

Ingat, senjata utama seorang pemburu adalah kesabaran.

Bagi trader jangka menengah dan investor jangka panjang, dalam situasi seperti ini, yang penting adalah bertahan dan menjaga portfolio.

Karena begitu nanti market-nya balik arah dan confirmed bullish, kita perlu cadangan cash dan "amunisi" yang cukup untuk memburu saham-saham yang akan naik banyak.

Dan percayalah, moment tersebut akan tiba. Karena toh ini bukan pertama kalinya IHSG, dan Bursa Efek Indonesia, mengalami masa-masa tidak menentu seperti ini. 🙂

[Trading Watchlist] 19 September 2018

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!