IHSG Hari Ini : Memang Belum Jelas, Tapi...

IHSG hari ini, 13 September 2018, ditutup di angka cantik 5858. Atau naik 60 poin (+1.03%) dibandingkan dengan penutupan kemarin.

Penguatan IHSG hari ini sejalan dengan penguatan indeks-indeks regional yang lain. Yang sudah menguat sejak sesi pagi, dan terus bertahan di zona hijau hingga sesi penutupan.

Namun posisi penutupan yang berada tepat di pertengahan, diantara area Support 5600 dan Resistance 6100, seperti ini sebenarnya membuat posisi IHSG menjadi serba tanggung. Sebab arahnya memang belum pasti. Non-trending. Tidak ada trend yang jelas.

So, apa yang harus kita lakukan berikutnya? 

Masih ingat dengan 2 skenario IHSG yang kemarin kita bicarakan?

Skenario pertama, jika IHSG mendapat sentimen positif dan berhasil naik menembus Resistance 6100. Maka IHSG akan berbalik arah, dan mulai memasuk fase bullish (uptrend).

Skenario kedua, jika IHSG mendapat tekanan negatif dan turun hingga menembus Support 5600. Maka IHSG akan kembali memasuki fase bearish (downtrend). Melanjutkan penurunan yang sudah terjadi sejak bulan Februari kemarin.

Skenario mana yang akan terjadi?

Jujur saja, kita belum tahu.

Di luar sana ada banyak trader dan analis yang pendapatnya terbelah. Antara positif dan negatif.

Ada yang positif dan optimis. Karena berpendapat bahwa fundamental ekonomi saat ini cukup kuat. Dan perusahaan (emiten) yang listing di Bursa Efek Indonesia, juga banyak yang bagus-bagus. Sehingga penurunan ini sudah seharusnya dianggap sebagai peluang.

Namun ada yang negatif dan pesimis. Karena mengacu pada siklus krisis ekonomi sepuluh tahunan. Yang dimulai dari tragedi "Black Monday" tahun 1987. Kemudian krisis moneter 1998. Berlanjut ke krisis Subprime Mortgage tahun 2008. Dan sekarang, sudah tahun 2018. Seolah-olah mengatakan krisis ini memang sudah "waktunya" tiba.

Lalu bagaimana dengan kita? Apa yang harus kita lakukan untuk menyikapi ketidakpastian ini?

Well, sama seperti yang selalu kita lakukan sebelum-sebelumnya. Tetap tenang. Tetap rasional. Dan lihat market-nya dengan kepala dingin.

Karena terlepas dari berbagai opini yang beredar di luar sana. Faktanya sore ini, secara analisis teknikal ada banyak saham-saham yang layak untuk kita cermati.

Memang belum tentu semuanya naik. Kita tetap harus waspada. Karena market-nya memang belum confirmed bullish. Namun setidaknya ada beberapa saham yang pergerakannya cukup menarik untuk disimak sampai seminggu ke depan.

[Trading Watchlist] 14 September 2018

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!