IHSG Hari Ini : Mengapa Terlihat Berat?

IHSG hari ini, 7 Agustus 2018, sedikit melemah. Sedikit saja. Hanya turun 9 poin (-0.16%), jika dibandingkan dengan penutupan hari senin kemarin. Pelemahan IHSG hari ini sebenarnya dapat kita sebut koreksi sehat. Sebuah hal yang tidak perlu terlalu kita khawatirkan.

Dan secara analisis teknikal, memang belum ada penembusan area Resistance IHSG di 6000-6100. Meski kemarin tampaknya sudah ada upaya penembusan (Resistance testing). Tapi kenyataannya IHSG hari ini turun, dan seolah kembali masuk ke area Resistance tersebut.

Sebenarnya apa yang terjadi? Mengapa Resistance IHSG ini tampaknya sangat sulit untuk tertembus? Apakah ada kemungkinan IHSG batal naik dan kembali turun? 

Kalau kita mau tahu apa yang sebenarnya terjadi pada IHSG, yang harus kita analisis justru bukan chart IHSG-nya. Ingat, IHSG adalah indeks gabungan. Sebuah komposit, yang pergerakannya tergantung pada pergerakan harga saham per saham.

Sehingga untuk menjelaskan posisi IHSG, yang harus kita lakukan adalah analisis teknikal saham per saham. Bukan analisis teknikal IHSG.

Dan kalau kita perhatikan chart saham per saham. Terutama saham-saham besar yang sangat berpengaruh terhadap pergerakan IHSG. Kita akan mendapati bahwa banyak diantaranya yang sudah sampai di area Resistance.

Sesuai dengan teori analisis teknikal, Resistance memang cenderung menahan harga saham yang mau naik. Saham yang sudah tiba di area Resistance, memang akan terlihat agak berat untuk naik lebih tinggi. Makanya area ini disebut Resistance (tahanan/tolakan).

Karena saham-saham memang banyak yang sedang ada di area Resistance, maka wajarlah jika IHSG juga tampak agak berat untuk naik. Sekali lagi, karena IHSG adalah harga gabungan.

So, apa yang harus kita lakukan?

Ya sama saja seperti yang kita lakukan kemarin-kemarin. Trading Plan tidak berubah, apa pun kondisi marketnya. Karena saham-saham yang ada di Trading Watchlist kita juga masih aman. Masih layak untuk hold, dan belum perlu buru-buru dijual.

[Trading Watchlist] 8 Agustus 2018

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!