IHSG Hari Ini : Optimis, Pesimis, Atau...

IHSG hari ini ditutup di level 5845, atau melemah 23 poin (0.39%) dibandingkan dengan penutupan kemarin. Turun mengikuti pergerakan bursa regional lainnya di wilayah Asia.

Situasi market yang seperti ini memang mengundang beragam reaksi dari berbagai pihak.

Ada yang optimis. Dengan argumen bahwa fundamental ekonomi Indonesia masih kuat. Bahwa di bursa kita masih banyak perusahaan-perusahaan bagus yang layak dijadikan investasi. Bahwa penurunan ini lebih karena faktor-faktor dari luar (global market correction).

Tapi ada juga yang pesimis. Mereka berpendapat bahwa ekonomi kita tidaklah sekuat seperti yang disajikan oleh data-data ekonomi. Bahwa bayang-bayang global market correction dapat menyeret kita ke ambang krisis dan resesi ekonomi berikutnya.

So, sebenarnya apa sih yang tengah terjadi? Kenapa market akhir-akhir ini serasa tidak menentu dan unpredictable? Lalu apa yang harus kita lakukan berikutnya? 

Kalau boleh jujur, saya dapat memahami argumen dari kedua belah pihak. Dan argumen mereka masing-masing mungkin ada benarnya juga.

Namun sebagai trader/investor, kita harus tetap harus realistis, kepala dingin dan rasional. IHSG dan market kita memang sedang dalam masa sideways (non-trending). Yang namanya market non-trending ya memang kayak gini.

Tidak ada sesuatu yang pasti. Arah market bisa berubah kapan saja. Sentimen positif dan negatif sama-sama kuat. Dan sama-sama bisa menggerakkan market.

Kalau Anda masih takut, atau masih ragu, it's okay. Tidak perlu dipaksakan. Tidak perlu juga ikut-ikutan galau. Apa lagi kalau sampai ketakutan sendiri.

Lebih baik gunakan kesempatan ini untuk belajar kembali. Misalnya menonton kembali video-video yang ada di Member Area. Kemudian coba evaluasi bagaimana trading kita selama ini. Apakah ada yang dapat kita perbaiki. Apakah ada yang perlu kita tingkatkan.

Ingat, trading dan investasi adalah sebuah skill. Yang namanya skill memang perlu proses. Hasilnya tidak mungkin instant. Dan seperti kata pepatah: tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Jangan menyerah! 🙂

[Trading Watchlist] 19 Oktober 2018

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!