IHSG Hari Ini : Sampai Kapan Kita Begini?

IHSG hari ini, 12 September 2018, ditutup di 5798. Atau turun 32 point (-0.5%), dibandingkan dengan penutupan hari bursa sebelumnya. Padahal IHSG hari ini sempat menguat dan running di zona hijau pada sesi pagi.

Namun penguatan itu hanya berlangsung sebentar, dan tidak bertahan lama. Karena begitu memasuki sesi siang, IHSG terus melemah. Sampai akhirnya "dibanting" ke bawah saat penutupan.

Kalau begitu kemana arah market berikutnya? Apakah kenaikan yang sempat terjadi minggu kemarin hanya sekedar rebound semata? Bagaimana dengan arah dan trend IHSG?

Untuk itu, mari kita lihat dulu penampakan chart IHSG berikut ini... 

Analisis Teknikal Saham IHSG - chart IHSG 2018.09.12

(update per 12 September 2018)

Masih ingat dengan dua pasang garis Support/Resistance yang sudah kita bahas sejak beberapa bulan ke belakang?

Dua area Support Resistance IHSG yang sudah kita gambar sejak bulan Mei 2018 yang lalu. Level Support IHSG di 5600-5700. Dan level Resistance IHSG di 6000-6100.

Seperti yang dapat kita lihat, kedua area tersebut tetap ada, tetap valid dan tetap dapat kita jadikan patokan untuk memprediksi pergerakan IHSG. Dan sepertinya masih akan tetap akurat hingga akhir tahun.

Karena memang beginilah ciri-ciri market yang sedang sideways.

Kalau turun dan kena Support di bawah, harga akan memantul ke atas. Kemudian setelah naik dan kena Resistance atas, harga akan kembali turun.

Naik turun, naik turun, diantara kedua area Support/Resistance. Begitu seterusnya, begitu seterusnya. Pergerakan yang sudah berlangsung lebih dari 4 bulan di Bursa Efek Indonesia.

Kalau begitu pertanyaan berikutnya, mau sampai kapan market kita begini?

Secara analisis teknikal, keadaan naik turun ini akan terus berlangsung, sampai ada momentum (dan sentimen) yang cukup kuat, untuk menembus Support yang di bawah, atau Resistance yang di atas.

Ketika nanti ada sentimen positif yang cukup kuat, maka harga akan bergerak naik dan menembus Resistance 6100 yang di atas. Ketika itu terjadi, maka IHSG baru dapat secara resmi kita sebut bullish (uptrend).

Namun jika yang terjadi sebaliknya, ketika ada sentimen negatif yang sangat kuat. Maka harga akan turun, dan menembus Support 5600. Jika skenario itu yang terjadi, maka IHSG akan kembali lagi memasuki masa bearish (downtrend).

Waduh, kalau bearish berarti akan ada krisis moneter lagi dong?

Hmmm... Soal akan terjadi krisis atau tidak, kita bahas lagi besok deh. Biar seru (dan biar saya ada bahan untuk Market Update berikutnya). Hehehe

Sementara itu, coba perhatikan Trading Watchlist sore ini...

[Trading Watchlist] 13 September 2018

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!