IHSG Hari Ini : Sekedar Koreksi atau Malah Nggak Jadi Naik?

IHSG hari ini terkoreksi cukup signifikan. IHSG ditutup melemah 91 poin (-1.5%), close di 5936. Sebuah pelemahan yang kelihatannya cukup dalam, jika kita mengacu pada pergerakan harian IHSG yang biasanya hanya di kisaran 1% (atau kurang).

Apa lagi kalau kita lihat gerakan IHSG yang terus menerus melemah sepanjang hari ini. Ditambah dengan turunnya harga saham-saham pertambangan (yang belakangan ini menjadi katalis pergerakan IHSG).

Selanjutnya bagaimana? Ini turun untuk beli atau turun untuk jual? Ini benar memang sekedar koreksi? Atau sebenarnya IHSG nggak jadi naik? 

Secara umum sebenarnya tidak ada yang perlu kita khawatirkan. Meskipun turunnya IHSG tampak begitu “menyeramkan”, namun jika kita lakukan analisis teknikal saham per saham, everything actually make sense.

Karena yang turun memang saham-saham yang sebelumnya sudah naik lumayan. Dan memang juga sudah dekat dengan level Resistance-nya masing-masing. Sehingga ya wajar lah kalau ada profit taking.

Btw, beberapa saham yang turun karena sudah berada di area Resistance, pun sudah sempat kita bahas pada posting ini: Analisis Teknikal Saham ADRO, BKSL, BUMI per 30 Juli 2018.

(Dan ketiganya ternyata benar-benar turun hari ini!)

Koq bisa tepat begitu, Riz?

Apakah karena saya cenayang atau dukun? Atau karena saya mampu melihat masa depan? Hehehe

No. Ini semua adalah hasil dari penerapan analisis teknikal yang tepat. Dan percayalah, Anda juga bisa. Asal tahu caranya, tahu ilmunya dan mau berlatih! 🙂

Promosi sedikit: cara dan ilmunya sudah saya share di IDXchart Premium Membership. Terutama di bagian Market Timing dan Support Resistance. Check it out! 😀

Back to topic!

Turunnya IHSG hari ini adalah bagian dari pergerakan market yang sehat. Tidak ada yang perlu terlalu dirisaukan. Apa lagi kalau sampai panik. Entah karena belum sempat profit taking, atau malah barusan BUY dan harganya langsung turun.

Sebagai trader dan investor, kita harus tetap bersikap rasional. Jangan terlalu senang kalau marketnya naik. Dan jangan terlalu ketakutan kalau marketnya turun.

Harga saham naik dan turun itu hal yang biasa. Setiap hari juga seperti itu. Kalau nggak kayak gitu, mana mungkin kita semua dapat profit gede. Iya kan? Hehehe

Tips trading untuk market seperti ini sebenarnya mudah saja. Apa pun indikator analisis teknikal yang kita gunakan, selalu perhatikan dan cross-check dengan Support/Resistance.

Apa lagi IHSG kita ini gerakannya sedang menyamping (sideways), dimana analisis teknikal berbasis Support/Resistance cenderung tepat dan akurat.

Begitu pun dalam memilih dan memilah saham-saham yang muncul di Trading Watchlist hari ini. Selalu cross-check dengan Support/Resistance-nya.

[Trading Watchlist] 1 Agustus 2018

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!