IHSG Hari Ini: Sinyal Koreksi?

IHSG Hari Jumat 3 Mei 2019, ditutup di level 6319. Atau turun 54 poin (-0.86%), dibandingkan dengan penutupan hari sebelumnya.

Meskipun di sesi kedua, IHSG tampak menguat, namun hingga sesi penutupan pun, IHSG masih belum kembali ke atas level krusial 6400.

Apa artinya? Lalu bagaimana perkiraan market ke depannya? Dan yang lebih penting lagi, apa yang harus kita lakukan?

Untuk itu, mari kita sama-sama menyimak Chart IHSG berikut ini...

Analisis Teknikal IHSG - 2019.05.03
Analisis Teknikal IHSG (Indeks Saham Gabungan) Daily - Klik untuk memperbesar!

Pada chart IHSG (daily) diatas, tampak dengan jelas, bahwa IHSG telah turun menembus area krusial 6400. Sebuah area Support yang telah "menopang" pergerakan IHSG sejak awal tahun 2019.

Jika kita mau bersikap objektif, secara analisis teknikal, chart IHSG diatas adalah indikasi bahwa IHSG telah keluar dari masa sideways (non-trending), dan mulai memasuki masa koreksi turun (bearish) jangka menengah.

Waduh! Kalau begitu IHSG bisa turun sampai ke berapa?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita cermati chart IHSG di bawah ini...

Analisis Teknikal IHSG Mingguan - 2019.05.03
Analisis Teknikal IHSG (Indeks Saham Gabungan) Weekly - Klik untuk memperbesar!

Pada chart IHSG (weekly) diatas, dapat kita lihat bersama. Secara analisis teknikal, target penurunan IHSG berikutnya adalah di area Support/Resistance 6100-6200.

Level Support/Resistance tersebut adalah area yang sempat menjadi level krusial IHSG selama tahun 2018. Sebuah area Support/Resistance yang sangat kuat, yang di tahun 2018 kemarin telah menahan kenaikan IHSG selama berbulan-bulan.

Lalu apa yang harus kita lakukan selanjutnya?

Untuk minggu-minggu ini, coba perhatikan pergerakan IHSG dengan baik.

Jika IHSG masih gagal naik dan kembali ke atas level 6400, maka sudah saatnya kita mempersiapkan diri untuk menghadapi koreksi IHSG. Sesuatu yang mungkin memang sudah waktunya.

Dan seperti biasa, perhatikan juga chart saham per saham. Dan cermati sinyal jual mereka masing-masing. Terutama awasi saham-saham yang sudah mendekati level krusial berikut ini...

[Market Watchlist] 6 Mei 2019

Mau dikirim kemana?

"Rahasia FAKTOR-X di Bursa Efek Indonesia" terdiri dari 4 video berseri. Sangat disarankan untuk Anda download, agar lebih nyaman dipelajari. GRATIS!

Mau dikirim kemana?

"Rahasia FAKTOR-X di Bursa Efek Indonesia" terdiri dari 4 video berseri. Sangat disarankan untuk Anda download, agar lebih nyaman dipelajari. GRATIS!