IHSG Hari Ini : Sudah Confirmed Balik Arah?

Yes! IHSG hari ini naik! Indeks Harga Saham Gabungan tercatat menguat 38 poin (+0.65%), ditutup di level 6027. Sedikit di atas level Resistance 6000. Dan sama juga seperti di penghujung minggu kemarin. Kenaikan IHSG hari ini juga tampak mantap dan meyakinkan.

So, everything is good? IHSG sudah confirmed balik arah? Secara analisis teknikal saham bagaimana?

Eits… Tunggu dulu…

Jangan buru-buru menyimpulkan dari hal-hal yang cuma kelihatan di permukaan. Ingat, gerakan market itu sering menipu. Makanya banyak trader/investor yang terkecoh.

Tidak terkecuali gerakan IHSG hari ini. Apa lagi kalau kita cermati secara analisis teknikal saham per saham. There’s something going on.

Dan kalau kita jeli, setidaknya ada dua hal yang patut kita cermati atau waspadai (tergantung saham apa yang ada di portfolio dan watchlist kita).

Untuk lebih jelasnya, coba kita perhatikan chart berikut ini…

Analisis Teknikal Saham IHSG - IHSG 2018.07.30

Di atas adalah penampakan chart IHSG hari ini.

Inilah hal pertama yang harus kita cermati atau waspadai (tergantung posisi kita).

Secara trend jangka menengah, kita memang sudah keluar dari fase bearish. Namun kalau kita perhatikan dengan seksama, kenaikan IHSG hari ini langsung memasuki area Resistance 6000-6100. Sebuah area Resistance yang cukup lebar.

Artinya apa?

Artinya akan ada banyak peluang untuk IHSG terkoreksi. Dan akan ada banyak kesempatan untuk aksi-aksi profit taking (yang sudah pasti akan terjadi). Terutama di saham-saham yang sudah naik banyak.

Dan inilah persisnya hal kedua yang harus kita cermati atau waspadai.

Seperti yang kita ketahui, saya sudah memperingatkan tentang kenaikan IHSG ini sejak dua minggu yang lalu. Ketika banyak pihak lain yang outlook-nya masih bearish dan seolah-olah menakut-nakuti (mungkin karena mereka sendiri juga masih ketakutan).

Dan sudah sejak 2 minggu yang lalu juga, Trading Watchlist kita dipenuhi oleh sinyal-sinyal BUY yang positif. Dan ternyata banyak diantara sinyal tersebut, saham-sahamnya sudah naik duluan. Padahal IHSG kita belum naik.

Dan sekarang, ketika IHSG sudah mulai naik, ternyata saham-saham kita yang kemarin (yang sudah naik duluan), sudah banyak yang mendekati Resistance mereka. So, area profit taking-nya banyak yang sudah dekat.

Artinya apa?

Artinya, secara analisis teknikal saham per saham, it’s time to sell!

Kalau Anda sudah sempat beli saham-saham yang kemarin, yang sudah naik banyak, coba perhatikan lagi Support/Resistance-nya. Waspadai area-area dimana harga saham mulai tertahan.

Kalau masih belum sempat beli gimana?

Tenang saja. Anda belum ketinggalan. Percayalah, masih banyak peluang menunggu kita. 🙂

Ingat, real move doesn’t end in one day!

Secara analisis teknikal, saham yang mau naik banyak, naiknya nggak mungkin cuma sehari. Apa lagi ditengah kemungkinan IHSG profit taking kayak sekarang. Yang penting kita tahu saham-saham apa saja yang patut diincar.

Seperti misalnya yang ada di Trading Watchlist kita hari ini…

[Trading Watchlist] 31 Juli 2018

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!