IHSG Hari Ini: Sudah on Support! Tapi...

IHSG hari ini, Kamis 9 Mei 2019, ditutup sedikit di bawah level 6200. Atau lebih tepatnya di 6198. Melemah 71 poin (-1.14%) dibandingkan penutupan hari sebelumnya.

Yang mana IHSG hari ini sebenarnya sudah cenderung melemah sejak sesi pagi. Seiring dengan melemahnya bursa-bursa regional lainnya di wilayah Asia.

Secara analisis teknikal, IHSG hari ini sebenarnya sudah mulai memasuki dan tiba di area Support kuat 6100-6200. Sesuai dengan skenario yang telah kita bahas di Analisis IHSG seminggu yang lalu.

So what's next? Dari sini selanjutnya IHSG-nya mau kemana? Apakah penurunan ini masih akan berlanjut? Atau sudah waktunya untuk kita mulai belanja?

Untuk itu, mari kita simak update chart IHSG di bawah ini...

Analisis-Teknikal-IHSG-per-9-Mei-2019
Analisis Teknikal IHSG (Indeks Saham Gabungan) Daily - Klik untuk memperbesar!

Persis seperti yang telah diperkirakan sebelumnya. Pada chart IHSG (daily) di atas, terlihat bahwa penguatan yang sempat terjadi beberapa hari yang lalu ternyata tidak lebih dari sekedar rebound (pantulan) semata.

Karena setelah rebound yang tidak seberapa itu, keesokan harinya pun IHSG masih melemah dan terus melemah. Bahkan sampai hari ini.

Dari chart IHSG di atas pula, dapat kita lihat pula bahwa per closing hari ini, IHSG sudah tiba di area Support 6100-6200.

Lalu apakah dari sini IHSG ada kemungkinan untuk kembali naik?

Tunggu dulu. 🙂

Karena seperti yang dapat kita lihat, area Support 6100-6200 adalah area yang cukup lebar. Wilayah yang cukup lega untuk IHSG "bermain" di trading range (kisaran harga) tersebut.

Sehingga sebenarnya ada kemungkinan untuk IHSG running secara sideways (non-trending) di area tersebut. Sambil market kita menunggu sentimen positif, yang dapat menggerakan IHSG naik kembali.

Lalu berapa lama kira-kira IHSG akan bertahan dan sideways di area Support (kisaran harga) 6100-6200?

Nobody knows. Mungkin seminggu. Mungkin dua minggu.

Tapi kalau mau dihubung-hubungkan (seperti lagaknya para "pakar" yang biasa berkomentar di media :p), sepertinya para pelaku pasar cenderung untuk wait and see. Dan menantikan pengumuman resmi Real Count dari KPU pada tanggal 22 Mei ini.

(Btw, jangan heran kalau minggu depan, akan ada Headline di koran dan berita ekonomi yang bernada seperti ini. Hehehe. :p)

Anyway, we should see. Karena meski IHSG-nya sedang turun seperti ini, tetap saja ada saham-saham potensial yang layak untuk dilirik...

[Market Watchlist] 10 Mei 2019

Mau dikirim kemana?

"Rahasia FAKTOR-X di Bursa Efek Indonesia" terdiri dari 4 video berseri. Sangat disarankan untuk Anda download, agar lebih nyaman dipelajari. GRATIS!

Mau dikirim kemana?

"Rahasia FAKTOR-X di Bursa Efek Indonesia" terdiri dari 4 video berseri. Sangat disarankan untuk Anda download, agar lebih nyaman dipelajari. GRATIS!