IHSG Hari Ini : Wait and See?

IHSG hari ini, 8 Agustus 2018, sebenarnya boleh dibilang stagnan. IHSG hari ini close di 6094. Hanya naik 3 poin (+0.05%). Padahal di sesi pagi tadi, IHSG sudah sempat running di atas area Resistance 6100. Namun akhirnya kembali turun di sesi kedua. Meski kemudian “diangkat” lagi di sesi penutupan.

Dengan kondisi market yang seperti ini, biasanya banyak orang memilih untuk wait and see. Karena IHSG sebagai indeks acuan, sampai hari ini pun belum juga kunjung memunculkan konfirmasi akan balik arah (alias nggak naik-naik). Hehehe

Tapi apakah benar itu keputusan yang terbaik? Sebenarnya apa yang bikin IHSG masih berat untuk menembus area Resistance? Bagaimana dengan analisis teknikal saham per saham? 

Well, IHSG hari ini memang sedang stagnan. Kalau ditanya kenapa bisa begini, jawabannya bisa macam-macam. Mulai dari jawaban yang standard, sampai jawaban yang mengada-ada (meski mungkin kelihatan masuk akal juga).

Contoh jawaban yang standard adalah seperti ini…

IHSG hari ini cenderung stagnan, disebabkan oleh minimnya sentimen positif dari dalam dan luar negeri. Isu perang dagang antara China dan Amerika, juga dilansir turut mempengaruhi minimnya katalis positif terhadap kenaikan IHSG.

Itu jawaban yang standard. Jawaban yang (agak) mengada-ada, misalnya seperti ini…

IHSG hari ini cenderung stagnan, salah satunya dipengaruhi oleh faktor sentimen politik dalam negri. Sepertinya pelaku pasar di Bursa Efek Indonesia, masih cenderung wait and see, dalam menyikapi pengumuman CaWaPres dari Jokowi.

Sebab siapa yang akan mendampingi Jokowi dalam PilPres 2019, akan sangat mempengaruhi peta politik, konstelasi koalisi pemerintahan, kepastian hukum dan arah kebijakan ekonomi Indonesia.

(Saya menulis paragraf diatas sambil setengah becanda. Tapi jangan heran kalau dalam beberapa bulan ke depan, isi berita ekonomi kita benar-benar akan seperti itu. Hehehe)

So, maksud saya sebenarnya apa?

Simple. Berhentilah mencari info yang tidak relevan. Info-info yang tidak akan menolong kita untuk mengambil keputusan trading dan investasi. Toh semakin banyak cari info malah semakin bingung dan semakin nggak tahu harus ngapain. Iya kan?

Fokuslah pada pergerakan harga. Fokuslah pada analisis teknikal saham per saham. Karena meskipun IHSG hari ini masih stagnan, namun saham-saham kita sudah banyak yang gerak duluan. Malah banyak yang sudah profit kan? Hehehe

Artinya apa?

IHSG memang penting. Tapi gerakan saham per saham tetap lebih penting. Karena kita nggak trading di IHSG. Kita tidak berinvestasi di IHSG. Kita trading di saham. Kita investasi di saham. Kalau secara analisis teknikal sinyalnya positif, just go for it. Tidak perlu menunggu konfirmasi dari IHSG.

Begitu pun dengan sinyal-sinyal yang muncul di Trading Watchlist kita sore ini…

[Trading Plan] 9 Agustus 2018

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!