IHSG Hari Ini : Yang Harus Kita Cermati...

Di penghujung minggu kemarin, IHSG ditutup di 5756. Atau menguat 53 poin (+0.94%) dibandingkan penutupan hari sebelumnya. Bersamaan dengan menguatnya indeks global di Asia, Eropa dan US.

Secara analisis teknikal saham, boleh dibilang ini adalah salah satu bentuk pantulan (rebound) IHSG dari support kuat 5600-5700. Persis seperti yang sudah sempat kita gambarkan di chart IHSG beberapa hari yang lalu.

Sekarang pertanyaannya, apakah ini hanya rebound semata? Untuk kemudian melanjutkan turun kembali? Atau ada kemungkinan untuk IHSG dan market kita balik arah, lalu naik? 

Diantara optimisme dan pesimisme, di tengah dua kubu yang sedang "berebut pengaruh" ini, sebagai trader (dan investor aktif), kita harus tetap realistis. Kita harus tetap rasional dan melihat market secara objektif.

Karena optimis bukan berarti kita menutup mata terhadap kemungkinan yang dapat terjadi. Dan pesimis juga bukan berarti kita harus ketakutan, seolah semuanya sudah berakhir dan tidak ada hari esok.

Ingat, market (baik saham dan IHSG) berjalan sesuai dengan siklusnya masing-masing. Naik dan turun adalah hal yang biasa. Sesuatu yang sudah berlangsung selama puluhan tahun. Dan mungkin akan tetap ada sampai puluhan tahun yang akan datang.

Dan kalau kita mau rasional dan objektif, market kita memang lagi Sideways (non-trending). Market seperti ini memang tidak menentu. Karena pengaruh optimisme dan pesimisme sedang sama kuatnya.

IHSG memang sedang bergerak diantara Support kuat 5600-5700, dan Resistance kuat 6000-6100. Ya sudah, itu saja yang perlu kita jadikan panduan.

Opini dan pendapat yang lain, baik mereka yang menyemangati, atau mereka yang menakut-nakuti, anggap saja sebagai selingan. Kita tidak perlu terpengaruh terlalu jauh.

Saat ini IHSG memang sedang menguji area Support kuat 5600-5700. Apakah IHSG akan tembus atau tidak? Apakah IHSG akan lanjut turun atau tidak? Nobody knows for sure! Tidak ada yang tahu dengan pasti!

Makanya, inilah gunanya kita punya TRADING PLAN!

Sehingga kalau pun (seandainya, umpama, ibarat, misalnya...) IHSG menembus Support kuat dan market-nya turun, kita sudah siap. Dan kita tahu apa yang harus dilakukan.

(Dan memang biasanya kita takut dan khawatir, itu sebenarnya karena kita tidak siap dan kita tidak tahu apa yang harus dilakukan)

Untuk hari ini, mari sama-sama kita perhatikan area Support 5600-5700.

Sedangkan untuk chart saham per saham, coba perhatikan Trading Watchlist hari ini. Kalau kebetulan ada saham yang sedang kita pegang (atau kita incar), coba awasi pergerakannya sepanjang hari ini.

[Trading Watchlist] 15 Oktober 2018

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!