Rahasia IHSG di Bulan November!

IHSG hari ini ditutup di level 5831. Menguat 42 poin (+0.73%), dibandingkan dengan penutupan kemarin. Penguatan IHSG hari ini juga dibarengi bersama dengan penguatan bursa-bursa regional di wilayah Asia dan Eropa.

Hari ini adalah hari terakhir perdagangan untuk bulan oktober. Dan jika kita mengacu pada timeframe yang lebih besar (big picture), selama bulan Oktober ini, secara net, IHSG sebenarnya melemah sekitar 145 poin (-2.4%) jika dibandingkan dengan penutupan bulan September kemarin.

Kalau begitu bagaimana prospek IHSG untuk bulan selanjutnya? Apakah di bulan November ini IHSG masih akan terus melemah? Apakah Support kuat 5600-5700 dapat bertahan?

Sekedar informasi saja, bulan November adalah salah satu bulan favorit saya untuk trading di IHSG. 🙂

Kenapa? Apa yang istimewa di bulan November ini?

Bagi teman-teman yang sudah lama bergabung di IDXchart, mungkin sudah tahu jawabannya. Tapi bagi yang belum tahu, mungkin sudah saatnya Anda tahu "rahasia kecil" kami. 🙂 

(Just kidding. Hehehe. Ini bukan rahasia sih sebenarnya. Hanya saja sepertinya memang nggak banyak yang "ngeh" kalo belum dikasih tahu. 🙂

Jika kita mengamati pergerakan IHSG selama 10 tahun ke belakang (2008-2017), bulan November kelihatan seperti bulan yang suram dan mengerikan untuk trading dan investasi.

Kenapa? Karena selama 10 tahun ke belakang, setiap bulan November, IHSG hampir selalu turun dan minus dalam!

Secara historis, hanya 2 kali IHSG menguat di bulan November (tahun 2009 dan 2014). Selebihnya, selama 10 tahun terakhir ini, IHSG tampak merah dan berdarah-darah setiap bulan November!

Waduh! Kalau begitu kita bakalan susah dong? Tadi katanya bulan November adalah bulan favorit untuk trading?!

Eits... Nanti dulu... Penjelasannya belum selesai nih... 🙂

Meskipun secara historis IHSG bulan November adalah saat-saat yang suram. Namun secara historis juga, IHSG bulan Desember adalah saat-saat yang menggembirakan.

Persis kebalikan dari bulan November. Kalau kita perhatikan selama 10 tahun ke belakang, IHSG di bulan Desember SELALU naik. Always!

Bahkan IHSG di bulan Desember sudah naik selama 17 tahun berturut-turut. Silakan Anda cek dan lihat sendiri (kalau punya datanya). Sejak tahun 2001, IHSG di bulan Desember selalu hijau.

Sampai disini apakah Anda sudah paham kemana arahnya? 🙂

Seandainya belum paham, mari kita perjelas lagi.

Setiap bulan November, IHSG minus. Setiap bulan Desember, IHSG plus.

November, low. December, high. Buy low, sell high!

Bulan November adalah saat yang paling tepat untuk kita belanja dan akumulasi. Untuk kemudian kita jual lagi ketika saham-saham kita sudah naik di Bulan Desember.

Bahkan kalau market-nya mendukung, bukan tidak mungkin saham-saham tersebut masih akan lanjut menguat sampai tahun depannya!

Tentu saja, tidak ada jaminan bulan November dan Desember akan selalu begitu. Tapi setidaknya, selama 10 tahun ke belakang, polanya seperti itu. History repeat itself!

Sekarang pertanyaannya, saham-saham apa yang boleh kita beli dan akumulasi di bulan November ini? Dan kapan timing yang pas untuk mulai masuk dan belanja?

Nah, inilah bagian terpentingnya. Karena kan kita tidak trading di IHSG. Kita trading di saham. Percuma kita tahu arah IHSG, tapi kita nggak tahu mau beli saham apa. Iya kan? Hehehe.

Untuk itu, mari kita sama-sama cermati Trading Watchlist sepanjang bulan ini. Karena sore ini pun, sebenarnya sudah banyak saham-saham yang mulai mengeluarkan sinyal Buy...

[Trading Watchlist] 1 November 2018

Dapatkan Market Update IHSG Hari Ini... 

Langsung ke inbox Anda, GRATIS!